PERAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA TUNA GRAHITA SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KASUS KELUARGA MUSLIM)

NELLI ARYANI HARAHAP (2016) PERAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA TUNA GRAHITA SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KASUS KELUARGA MUSLIM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap peran keluarga dalam
meningkatkan rasa percaya diri dan tingkat religiusitas siswa tuna grahita SLB Negeri
1 Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifaat deksriptif dan objek
penelitian ini ialah orangtua dan siswa tuna grahita SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.
Metode pengumpulan data antara lain menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis
dengan menggunakan pola berpikir induktif kemudian disimpulkan untuk menjawab
persoalan yang timbul selama penelitian.
Hasilnya menunjukkan bahwa rasa percaya diri siswa tuna grahita sangat tergantung
kepada sikap dan perilaku keluarga. Dalam hal ini, orangtua berperan penting dalam
menimbulkan motivasi kepada siswa penyandang tuna grahita. Selain motivasi,
orangtua juga tidak perlu menyembunyikan anaknya yang berbeda. Karena setiap
anak juga memiliki hak untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Cara orangtua
untuk meningkatkan religiusutas siswa tuna grahita yaitu dengan sering mengajak
anak penyandang tuna grahita mengikuti kegiatan keagamaan
Kata Kunci: rasa percaya diri, religiusitas, keluarga, tuna grahita

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RASA PERCAYA DIRI, RELIGIUSITAS, KELUARGA, TUNA GRAHITA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:50
Last Modified: 14 Jan 2022 02:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27129

Actions (login required)

View Item
View Item