AULIA KHIKMAH (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEHIDUPAN UMMUL MUKMININ KHADIJAH BINTI KHUWAILID RADHIYALLAHU’ANHA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (61kB)
Halaman Judul.pdf
Download (794kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (400kB)
Abstract.pdf
Download (193kB)
Bab I.pdf
Download (172kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (142kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (461kB)
Abstract
*85 ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) nilai-nilai pendidikan karakter pada kehidupan Ummul Mu’minin Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu’anha. (2) Untuk mengetahui Relevansi pendidikan karakter pada kehidupan Ummul Mu’minin Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu’anha terhadap konteks pendidikan saat ini.
Metode penelitian yang digunakan meliputi jenis penelitian dan metode analisis data. Jenis penelitian Yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menekankan tehnik dokumentasi dalam pengambilan datanya. Objek penelitian yang dikaji adalah kehidupan Ummul Mukminin Khadijah Radhiyallahau’anha. Subjek penelitian yang diobservasi adalah karakter Ummul Mukminin Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu’anha. Sedangkan metode analisis data berupa analisis isi (content analysis), yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dari Ummul Mukminin Khadijah Radhiyallahu’anha dengan pendidikan saat ini memiliki subtansi yang identik. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter dari Ummul Mukminin Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu’anhasangat dibutuhkan terhadap pendidikan saat ini. Pada kehidupan Ummul Mukminin Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu’anha terdapat pendidikan karakter yang ditekankan atas landasan religiusitas seseorang kepada Tuhannya dan karakter sosial masyarakat.
Jika dilihat dari segi sosial, Khadijah memiliki beberapakarakter yaitu jujur, toleransi, kerja keras, peduli, mandiri dan tanggung jawab. Karakter jujur terlihat dari pekerjaannya sebagai seorang pedagang yang sukses karena kejujurannya. Karakter toleransi dapat ditemui dari keimanannya terhadap Rasulullah yaitu dukungannya terhadap Rasulullah ketika semua orang mendustakan, menghina dam melecehkan Rasulullah. Karakter kerja kerasnyaterlihat ketika bagaimana dia mencari cara supaya bisnis dagangnya ini bisa berhasil dengan baik. Membelanjakan seluruh hartanya untuk keperluan perjuangan merupakan wujud dari karakter peduli Khadijah. Karakter mandiri yang terdapat pada diri Khadijah terwujud dalam profesinya yang sebagai seorang pedagang wanita, padahal pada masa itu kebanyakan wanita tidak berwirausaha. Karakter yang terakhir adalah tanggung jawab, Khadijah banyak membantu dan memperteguh tekad Rasulullah dalam melaksanakan risalah dakwah. Beliau senantiasa meringankan kepedihan hati dan menghilangkan keletihan serta penderitaan yang dialami oleh suaminya dalam menjalankan tugas dakwah.Karakersetia yang terdapat pada Khadijah yaitu terwujud dalam kesetiaannya melayani Rasulullah
Key-Word: Nilai-nilai pendidikan karakter, Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu’anha.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *85 NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, KHADIJAH BINTI KHUWAILID RADHIYALLAHU’ANHA. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 03:14 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 03:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27198 |