GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM MENINGKATKAN POTENSI DAERAH DALAM BIDANG PARIWISATA

TRI WAHYU NINGSIH (2016) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM MENINGKATKAN POTENSI DAERAH DALAM BIDANG PARIWISATA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Potensi daerah dalam bidang pariwisata merupakan sebuah aset unggulan daerah Gunungkidul yang semakin berkembang.Dalam hal ini penulis mengambil studi kasus daerah Gunungkidul.Peningkatan potensi daerah dalam bidang pariwisata tidak lepas dengan faktor pemimpin yang dapat merubah Gunungkidul menjadi daerah yang maju berkat pariwisatanya.Kendati demikian selama kepemimpinan Bupati Badingah priode 2011-2015 bermunculan inovasi-inovasi baru terkait obyek wisata yang ada di Gunungkidul.Adanya upaya pemerintah Gunungkidul dalam pengelolaan dan pengembangan pariwisata, disinyalir adanya dorongan yang kuat dari Bupati Badingah untuk dapat memotivasi pegawainya dalam memajukan Gunungkidul dalam pariwisatanya.
Hal inilah yang membuat penulis mengambil judul ini, penulis ingin melihat bagaimana karakteristik kepemimpinan transformatif yang diterapkan Bupati Badingah terhadap pegawai dan masyarakatnya dalam meningkatkan pariwisata Gunungkidul. Dengan menggunakan gaya kepemimpinan transformatif dapat mewujudkan inovasi-inovasi baru terkait peningkatan potensi daerah dalam bidang pariwisata.
Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori kepemimpinan transformatif dengan menggunakan empat karakteristik dalam gaya kepemimpinan transformatif yaitu: Attribut Charisma (dengan indicator keteladanan, jujur, beribawa memiliki semangat), Inspirational Motivation (dengan indicator memberikan motivasi, memberikan inspirasi, percaya diri, meningkatkan optimesme), Intellectual Stimullation (dengan indicator inovatif, professional, pemimpin yang melibatkan masyarakat, kreatif), Individualized Consideration (dengan indicator toleransi, adil, pemberdayaan karyawan, partisipatif, memberikan penghargaan). Dengan demikian akan terlihat bahwa karakteristik transformatif mana yang sering diterapkan Bupati Badingah dalam kinerjanya.
Setelah peneliti melakukan penelitian, baik itu personal kepada Bupati Badingah selaku bupati Gunungkidul, maupun di Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul selaku stakeholder yang turut membantu dalam pengembangan pariwisata Gunungkidul, maupun di Kantor Bupati Gunungkidul, di Dinas Kehutanan dan perkebunan Gunungkidul terkait karakteristik kepemimpinan transformatif, maupun di Dinas Perindagkop ESDM terkait karakteristik kepemimpinan transformatif, serta salah satu obyek wisata Goa pindul dan masyarakat Gunungkidul untuk mengetaui kinerja Bupat i Badingah dalam meningkatkan pariwisata. Penulis dapat menyimpulkan bahwa salah satu penunjang dalam memajukan suatu daerah adalah faktor pemimpinnya.Pada kasus ini, penulis masih melihat adanya faktor penghambat yang menjadi kendala dalam pengembangan dan pengelolaan obyek wisata Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GAYA, TRANSFORMATIF, POTENSI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:54
Last Modified: 13 Jan 2022 02:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27235

Actions (login required)

View Item
View Item