JUNIOR HENDRI WIJAYA (2016) EVALUASI PENERAPAN SIAP-PPDB ONLINE DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2015. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (454kB)
Bab I.pdf
Download (520kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (309kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (89kB)
Abstract
Pelayanan penerimaan peserta didik baru di Kota Yogyakarta secara online sudah berjalan sejak tahun 2005. Program tersebut dikenal dengan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan-Penerimaan Peserta Didik Baru Secara Online (SIAP-PPDB Online), akan tetapi masih ada puluhan wali murid luar daerah yang protes terhadap pelaksanaannya. Protes ini menyangkut persyaratan seleksi yang harus dipenuhi daerah, komitmen dari pihak yang menjalin kerjasama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, serta kelancaran konektivitas layanan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai evaluasi penerapan SIAP-PPDB online dalam meningkatkan mutu layanan Di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tahun 2013-2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi program penerapan SIAP-PPDB online dalam meningkatkan mutu layanan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskripsi kualitatif, dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian adalah penyelenggara PPDB online sekaligus penanggung jawab kegiatan PPDB online, panitia PPDB online, pengguna PPDB online.
Berdasarkan hasil penelitian, penerapan SIAP-PPDB Online sudah berjalan dengan baik. Evaluasi terkait SKHUN asli yang belum terbit telah ditetapkan melalui surat keputusan hasil rapat koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta di Dinas Dikpora DIY. Dalam keputusan tersebut, SKHUN dapat diganti dengan surat keterangan pernyataan belum terbitnya SKHUN asli, surat pernyataan bermaterai 6000 yang menyatakan tidak akan mengundurkan diri jika diterima disalah satu sekolah yang dipilih oleh peserta, serta melampirkan nilai yang diketahui oleh kepala Dinas Pendidikan daerah asal peserta. Mutu layanan program SIAP-PPDB sudah berjalan dengan baik kaena tingkat pepuasan masyarakat terhadap SIAPPPDB
setiap
tahunnya
terus
meningkat.
Koneksi
layanan
mengalami
gangguan
dikarenakan
terjadinya
kapasitas
input
data
yang masuk terlalu besar, sehingga koneksinya mengalami gangguan atau belum dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah koneksi layanan PPDB Online di masa yang akan datang, disarankan agar diadakan ujicoba layanan PPDB Online terlebih dahulu.
Kata Kunci: Evaluasi Program, SIAP-PPDB online, Mutu layanan Pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EVALUASI PROGRAM, SIAP-PPDB ONLINE, MUTU LAYANAN PENDIDIKAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 02:08 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 02:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27278 |