MA'ARIFATUL MAHMUDAH (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SISWA KELAS VII B DAN VIII A MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH KASIHAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (112kB)
Cover.pdf
Download (112kB)
Halaman Judul.pdf
Download (459kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (231kB)
Abstract.pdf
Download (83kB)
Bab I.pdf
Download (102kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (144kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (72kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (104kB)
Abstract
i
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi siswa terhadap cara mengajar guru; 2) motivasi siswa belajar agama Islam; dan 3) hubungan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dengan motivasi belajar agama Islam (studi kasus siswa kelas VII B dan VIII A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasihan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan tujuannya, penelitian merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII B dan VIII A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasihan sejumlah 60 siswa. Pada penelitian ini. Seluruh anggota populasi dipilih menjadi sampel penelitian. Sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Data dianalisis secara deskriptif, dan hipotesis diuji dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi terhadap cara mengajar guru termasuk dalam kategori baik sebesar (73,33%). Motivasi belajar Agama Islam termasuk dalam kategori baik sebesar (65,00%). Hasil pengujian hipotesis didapatkan ada hubungan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dengan motivasi belajar agama Islam (studi kasus siswa kelas VII B dan VIII A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasihan. Hal ini didapatkan nilai koefesien korelasi product moment sebesar 0,400 dengan p sebesar 0,002. Berdasarkan p < 0,005, maka Ho ditolak sehingga disimpulkan ada hubungan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dengan motivasi belajar agama Islam siswa kelas VII B dan VIII A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasihan.
Kata Kunci: persepsi siswa, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI SISWA, MOTIVASI BELAJAR |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 02:08 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 02:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27298 |