MA'ARIFATUL MAHMUDAH (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SISWA KELAS VII B DAN VIII A MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH KASIHAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
Abstract
i
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi siswa terhadap cara mengajar guru; 2) motivasi siswa belajar agama Islam; dan 3) hubungan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dengan motivasi belajar agama Islam (studi kasus siswa kelas VII B dan VIII A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasihan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan tujuannya, penelitian merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII B dan VIII A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasihan sejumlah 60 siswa. Pada penelitian ini. Seluruh anggota populasi dipilih menjadi sampel penelitian. Sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Data dianalisis secara deskriptif, dan hipotesis diuji dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi terhadap cara mengajar guru termasuk dalam kategori baik sebesar (73,33%). Motivasi belajar Agama Islam termasuk dalam kategori baik sebesar (65,00%). Hasil pengujian hipotesis didapatkan ada hubungan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dengan motivasi belajar agama Islam (studi kasus siswa kelas VII B dan VIII A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasihan. Hal ini didapatkan nilai koefesien korelasi product moment sebesar 0,400 dengan p sebesar 0,002. Berdasarkan p < 0,005, maka Ho ditolak sehingga disimpulkan ada hubungan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dengan motivasi belajar agama Islam siswa kelas VII B dan VIII A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kasihan.
Kata Kunci: persepsi siswa, motivasi belajar
Dosen Pembimbing: | Ghoffar Ismail, S. Ag,. MA | NIDN0503037201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI SISWA, MOTIVASI BELAJAR |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 02:08 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 02:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |