TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA 2015-2016

HARRY GURUH AKBAR (2016) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA 2015-2016. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (190kB)

Abstract

Pembangunan kesehatan di Indonesia telah difokuskan kepada peningkatan pelayanan kesehatan oleh masing-masing penyedia layanan kesehatan diantaranya Puskesmas. Penyedia layanan kesehatan dalam hal ini Puskesmas juga dibebankan oleh pemerintah untuk memberikan pelayanan yang baik. Mengingat Puskesmas pada dasarnya dibentuk dengan orientasi biaya murah sehingga menjangkau kelas menengah ke bawah maka dapat dipastikan bahwa Puskesmas hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat. Sehingga, Puskesmas dapat dikatakan memliki beban yang cukup berat. Namun, terdapat hal yang menarik akhir-akhir ini dimana pemerintah telah menggalakan kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional berupa BPJS Kesehatan yang mana membebankan iuran berkala kepada pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan.
Pentingnya memberikan perhatian terhadap kualitas pelayanan kesehatan khususnya oleh Puskesmas bereputasi baik, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang sampai sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat pemegang BPJS Kesehatan terhadap pelayanan Puskesmas Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat terhadap Puskesmas Tegal Rejo.
Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah menggunakan metode purposive sampling. Artinya, responden ditentukan secara segaja dengan karakteristik tertentu yang diyakini representatif terhadap populasi penelitian dalam hl ini pengguna BPJS Kesehatan Puskesmas Tegal Rejo Yogyakarta. Dengan menggunakan rumus Slovin ditentukan jumlah sampel 44 orang
Kesimpulan Hasil analisis data diperoleh dari indikator-indikator kualitas pelayanan tersebut yang memperoleh nilai indeks tertinggi adalah variabel empati yaitu (sikap peduli) yang ditunjukkan oleh petugas kesehatan, indeks sebesar 3,78% masuk dalam kategori baik, yang kedua adalah Keresponsifan (Responsiveness) yaitu unsur daya tanggap dan Keyakinan (Confidence) yaitu mencakup pengetahuan, bebas keragu-raguan dengan nilai sama yaitu indeks 3,71%, yang ketiga adalah Berwujud (Tangible) yaitu dari segi kelengkapan fasilitas dan kebersihan dengan indeks 3,66 %, keempat adalah Standar Pelayanan BPJS Kesehatan indeks 3,60, dan terakhir adalah Keandalan (Realibility) yaitu kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan indeks 3,13%. Dari hasil indeks secara keseluruhan yang mencakup lima variabel tersebut berdasarkan kenyataannya sebesar 3,59 yaitu masuk dalam kategori baik sedangkan harapannya sebesar 3,78 masuk dalam kategori baik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEPUASAN MASYARAKAT, BPJS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:53
Last Modified: 12 Jul 2023 03:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27334

Actions (login required)

View Item
View Item