RINA NURHIDAYAH (2016) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK SAYURAN SEGAR DI PASAR MODERN SUPERINDO GODEAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (13kB)
Halaman Judul.pdf
Download (199kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (227kB)
Abstract.pdf
Download (146kB)
Bab I.pdf
Download (19kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
Abstract
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK SAYURAN SEGAR DI PASAR MODERN SUPERINDO GODEAN KOTA YOGYAKARTA. 2016. RINA NURHIDAYAH (Skripsi dibimbing oleh Dr. Ir. Widodo, MP dan Dr. Aris Slamet Widodo, SP, M.Sc). Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sayuran adalah komoditas yang sangat penting dalam pola makan sehat. Sayuran yang dikonsumsi dengan cukup dapat membantu melindungi tubuh dari segala penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, motivasi dan perilaku konsumen dalam membeli sayuran segar di Pasar Modern Superindo Godean (yang terletak dipinggir kota Yogyakarta). Penentuan lokasi ini dilakukan secara purposive (sengaja) dan metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Non Probability Sampling dengan insidental sampling. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah konsumen yang sedang berbelanja sayuran segar di superindo. Jumlah sampel yang digunakan adalah 40 sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa karekteristik responden yang bersedia diwawancarai umumnya perempuan yang telah menikah yang berumur 25-50 tahun, berprofesi ibu rumah tangga dengan pendidikan terakhir yaitu sarjana (S1)/Diploma dan pendapatan kurang dari Rp. 2.000.000 dengan jumlah anggota keluarga 3-4 orang. Proses pengambilan keputusan pembelian pada tahap pengenalan kebutuhan sayuran segar konsumen merasa sangat penting dalam mengkonsumsi sayuran segar serta manfaat yang didapat seperti gizi dan kesehatan. Pada tahap pencarian informasi, sumber informasi diperoleh berdasarkan keluarga. Pada tahap evaluasi alternatif, pertimbangan untuk membeli sayuran segar yaitu atribut fisik (kesegaran, kebersihan, kecerahan dan warna). Pada tahap pembelian sayuran segar dilakukan secara terencana, tetap membeli sayuran meski harganya mengalami kenaikan dan tetap membeli jenis sayuran lain di Pasar Modern Superindo Godean Kota Yogyakarta jika sayuran yang diinginkan tidak tersedia. Konsumen melakukan pembelian sayuran segar seminggu sekali dan jenis sayuran yang dikonsumsi mayoritas jenis sayuran daun. Konsumen termotivasi membeli sayuran segar di Pasar Modern Superindo Godean Kota Yogyakarta karena memperhatikan harga, kesegaran, kebersihan, warna, kecerahan dan kemasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERILAKU KONSUMEN, SAYURAN, PASAR MODERN |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 02:48 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 02:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27504 |