Fitriana Nurunissa (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PERTUNJUKAN SENDRATARI RAMAYANA BALLET DI UNIT TEATER DAN PENTAS PT TAMAN WISATA CANDI PRAMBANAN DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG PADA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab I.pdf
Download (695kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (888kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Broadcasting
Fitriana Nurunissa
20160530191
Strategi Komunikasi Pemasaran Pertunjukan Sendratari Ramayana Ballet di Unit Teater dan Pentas PT Taman Wisata Candi Prambanan dalam Menarik Minat Pengunjung Pada Tahun 2019
Tahun Skripsi : 2021 + 128 halaman + 26 Gambar + 1 Tabel
Daftar Pustaka : 43 Buku + 14 Jurnal + 3 Skripsi + 6 Internet
Sendratari Ramayana Ballet Prambanan merupakan pertunjukan yang menggabungkan drama dan tari tanpa dialog. Diangkat dari kisah Ramayana yang terdapat pada relief di Candi Siwa. Dipentaskan diatas panggung terbuka di bawah cahaya bulan purnama dan berlatar belakang Candi Prambanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi komunikasi pemasaran pertunjukan Sendratari Ramayana Ballet Prambanan yang dilakukan oleh Unit Teater dan Pentas PT TWC dalam menarik minat pengunjung pada tahun 2019. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan berdasarkan pada subjek yang memahami permasalahan, mempunyai data-data, dan berkenan memberikan informasi secara lengkap serta akurat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Unit Teater dan Pentas PT TWC menggunakan tiga tahap dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan. Pada tahap perencanaan pemasaran Unit Teater dan Pentas PT TWC hanya melakukan lima tahapan dari delapan tahapan dalam mengembangkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Pada tahap pelaksanaan pemasaran Unit Teater dan Pentas PT TWC menggunakan beberapa bauran komunikasi pemasaran, seperti periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), dan hubungan masyarakat (public relations). Serta sudah melakukan tahap evaluasi setiap satu minggu sekali dan setiap tiga bulan sekali. Namun Unit Teater dan Pentas PT TWC belum menerapkan survey kepuasan pengunjung setiap satu bulan sekali yang dapat dijadikan acuan dalam melakukan evaluasi kedepannya.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Sendratari Ramayana Ballet Prambanan, Unit Teater dan Pentas PT TWC
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 08:58 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 08:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2753 |