MASYCHUN SOFWANI (2011) KEGIATAN OFF AIR SEBAGAI STRATEGI PROMOSI SCTV SEBAGAI OFFICIAL BROADCASTER PIALA DUNIA 2006. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (185kB)
Abstract.pdf
Download (67kB)
Bab I.pdf
Download (542kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (801kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (71kB)
Abstract
Piala Dunia FIFA 2006 adalah sebuah kejuaraan sepak bola internasional yang putaran finalnya berlangsung di Jerman dari 9 Juni hingga 9 Juli 2006. Piala Dunia 2006 ini merupakan Piala Dunia FIFA yang ke-18 dan merupakan Piala Dunia kedua yang diselenggarakan di Jerman. Untuk pertama kalinya, Surya Citra Televisi (SCTV) menayangkan siaran kejuaraan sepak bola Piala Dunia 2006, dengan menjadi The and Official TV Broadcast for FIFA World Cup 2006 in Indonesia. SCTV menjadi satu-satunya stasiun di Indonesia yang mendapat hak siar eksklusif untuk menayangkan 64 pertandingan, baik secara langsung maupun tunda serta babak final pada 9 juli di Berlin. Disamping itu, sesuai dengan isi kontrak, SCTV pun menayangkan kegiatan-kegiatan internasional yang termasuk ke dalam kalender resmi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pada 2003-2006. Komunikasi pemasaran yang dilakukan SCTV dalam mensosialisasikan even Piala Dunia 2006 menggunakan bauran promosi yaitu periklanan yang dijadikan media SCTV juga menggunakan media televisi yakni SCTV sendiri, 24 radio dari berbagai kota besar di Indonesia sesuai dengan jumlah pendengar dan disesuaikan dengan segmentasi dan targeting even Piala Dunia 2006. SCTV juga menggunakan website, surat kabar, majalah, tabloid, Billboard, umbul-umbul, spanduk dan merchandise untuk mendukung kegiatan kampanye periklanannya. Selain SCTV juga menggunakan promosi penjualan yang diselenggarakan melalui promo on air dan promo off air yang meliputi Program utama, Promo image World Cup 2006, Promo regular, Tebak bola di 32 mall, Kampung World Cup 2006, Kamaval World Cup 2006, Nonton bareng World Cup 2006 dan Nona gila bola. Kegiatan Public Relation juga dimanfaatkan dengan baik seperti press release setiap harinya yang satu minggu tiap media, baik acara yang diselenggarakan SCTV sampai pada artikel-artikel yang berhubungan dengan isu-isu terkini Piala Dunia Konferensi pers yang dihadiri oleh berbagai media baik cetak maupun elektronik ikut membantu dalam sosialisasi even Piala Dunia 2006 serta pameran yang banyak pilihan murcendise juga ikut menyukseskan komunikasi pemasaran SCTV. Melalui strategi tersebut SCTV terbilang sukses dalam mensosialisasikan even Piala Dunia 2006 kepada pecinta sepak bola pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEGIATAN OFF AIR, PROMOSI SCTV |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:49 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27539 |