GAMBARAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. LUKMONOHADI PERIODE JULI 2015 BERDASARKAN INDIKATOR WHO 1993

EKA RACHMAWATI (2016) GAMBARAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. LUKMONOHADI PERIODE JULI 2015 BERDASARKAN INDIKATOR WHO 1993. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit merupakan masalah dalam pelayanan kesehatan yang sering terjadi terutama di negara berkembang, salah satunya di Indonesia. Indonesia dituntut harus siap dalam perubahan-perubahan menuju perbaikan kualitas kesehatan, untuk mengukur mutu pelayanan kesehatan salah satunya dengan indikator pelayanan pasien di rumah sakit berdasarkan indikator WHO 1993.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Lukmonohadi periode Juli 2015 berdasarkan indikator WHO 1993. Penelitian termasuk non experimental dengan rancangan penelitian deskriptif. Data yang diambil secara prospektif, dilakukan dengan mengumpulkan data di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Lukmonohadi. Data yang merupakan data kuantitatif ditampilkan dalam tabel dan diagram lingkaran, sedangkan data kualitatif dijelaskan dalam bentuk uraian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata lama konsultasi pasien dengan dokter adalah 5 menit 34 detik, rata-rata lama waktu dispensing adalah 5 menit 38 detik untuk obat non racik dan 17 menit 28 detik untuk obat racik, persentase obat yang dilabel dengan benar sebanyak 100 %, persentase obat yang benar-benar diserahkan kepada pasien 99,15 %, persentase pasien paham cara penggunaan obat 93,33 %. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa pelayanan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Lukmonohadi sudah baik dan sesuai dengan standar pelayanan pasien menurut indikator WHO 1993.
Kata kunci: Pelayanan kesehatan pasien, indikator WHO

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: PELAYANAN KESEHATAN PASIEN, INDIKATOR WHO
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:33
Last Modified: 13 Jan 2022 03:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27720

Actions (login required)

View Item
View Item