SEPTYANI AVISA AULYA (2016) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KAMAR OBAT PUSKESMAS TAHUNAN JEPARA, JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (107kB)
Halaman Judul.pdf
Download (319kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (434kB)
Abstract.pdf
Download (89kB)
Bab I.pdf
Download (63kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (29kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (34kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (453kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (890kB)
Abstract
penuhinya harapan masyarakat akan mutu kualitas pelayanan farmasi. Oleh sebab itu farmasi tidak hanya product-oriented, tetapi juga ikut berperan aktif dalam melayani kesehatan misalnya dengan memberi konseling tentang obat dan informasi efek samping obat, kepada pasien sehingga terjadi pelayanan farmasi yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanankefarmasian di kamar obat puskesmas Tahunan Jepara, Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Kepuasan pasien dinilai dari hasil penyebaran kuesioner yang memuat 5 dimensi yaitu tangibles (wujud nyata), reliability (kepercayaan), responsiveness (tanggung jawab), assurance (jaminan) dan empathy (kepedulian). Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata kinerja dan harapan, menghitung tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan, serta Importance Performance Analysis (IPA) dengan menampilkan diagram Kartesius yang membandingkan antara tingkat harapan pasien dengan tingkat kinerja di Puskesmas Tahunan Jepara.
Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 97 sampel. Hasil penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan di kamar obat Puskesmas Tahunan Jepara mendapatkan rata-rata nilai kinerja 4.26 dan rata-rata nilai harapan 4.79, dengan tingkat kesesuaian kinerja dan harapan > 75% disetiap dimensinya. Analisis IPA menunjukkan ada 1 atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki oleh pihak manajemen Puskesmas Tahunan Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien puas dengan pelayanan yang diberikan di kamar obat Puskesmas Tahunan Jepara, Jawa Tengah.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Pasien Rawat Jalan, Kinerja, Harapan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI: TINGKAT KEPUASAN, PASIEN RAWAT JALAN, KINERJA, HARAPAN |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 03:33 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 03:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27723 |