STRATEGI KOMUNIKASI DIVISI MARKETING PUBLIC RELTIONS ADTV DALAM MEMBANGUN BRANDING CITRA TV POSITIF DI YOGYAKARTA

BILQIS PRISBIAN NINGRUM (2016) STRATEGI KOMUNIKASI DIVISI MARKETING PUBLIC RELTIONS ADTV DALAM MEMBANGUN BRANDING CITRA TV POSITIF DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

Dalam sebuah televisi divisi marketing publicrelations, menjadi salah satu
aspek terpenting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi
komunikasi, penyebab, efektivitas, kendala dan pemacu dari strategi komunikasi
divisi marketing public relations televisi. Penelitian lapangan ini menggunakan
pendekatan kualitatif, lokasinya di ADiTV khususnya divisi marketing public
relations. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam,
studi kepustakaan, dan tahapan penelitian. Analisis data dilakukan dengan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut: ADITV melakukan strategi
komunikasimarketing public relations yang tercermin dalam strategi tiga tahap
atau three ways strategy. (1)Strategi Menarik (pull strategy) Strategi branding
media konvensional, promo program dan branding media online. Strategi
komunikasi yang paling efektif adalah branding melaui sosial media, karena tidak
semua orang bisa menyaksikan ADiTV dengan baik di rumahnya, maka dengan
media konvensional, media online dan media luar ruang dapat membantu
mengenalkan ADiTV lebih dekat lagi dengan masyarakat. (2) Strategi Mendorong
(push strategy) meliputi kerjasama internal seperti pendampingan proses shooting
program dan membuat event spesial / program spesial. Kerjasama eksternal
seperti media partner (event pihak luar) dan barter. Alasannya yaitu untuk
menunjukkan branding ADiTV dari event yang dibuat oleh pihak lain, karena
hampir setiap Minggunya selalu ada event yang bisa dikerjasamakan juga dapat
membantu manajemen dalam meminimalisir pengeluaran kebutuhan produksi
agar selalu efisien. (3) Strategi Mempengaruhi (pass strategy) meliputi kerjasama
kegiatan sosial, menjalin hubungan baik dengan pemerintah dan Muhammadiyah
dan memaintenance klien dengan baik. Alasannya yaitu sebagai bentuk
kepedulian ADiTV dalam membangun branding TV positif. Selain itu karena
untuk menciptakan opini positif di masyarakat dengan cara mendapat dukungan
dari pemerintah dan Muhammadiyah. Serta memaintenance klien dengan baik
supaya klien tetap setia dengan ADiTV.
Dari ketiga strategi ini yang terbukti memiliki kenaikan yang efektif dalam
membangun TV positif yaitu melalui strategi menarik (pull strategy), terbukti
marketing public relations ADiTV memanfaatkan branding online melalui sosial
media untuk bisa menarik penonton khususnya di Yogyakarta. Namun tidak dapat
dipungkiri bahwa strategi mendorong (push strategy) pun juga sangat penting
khususnya menjaga komunikasi di internal dan eksternal ADiTV. Begitu juga
dengan strategi mempengaruhi disini memiliki nilai plus tersendiri untuk ADiTV
bisa lebih dikenal sebagai TV positif dalam kegiatan sosial dan memaintenance
klien dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : STRATEGI KOMUNIKASI, MARKETING PUBLIC RELATIONS, THREE WAYS STRATEGY, BRANDING, CITRA
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:25
Last Modified: 11 Jan 2022 03:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27806

Actions (login required)

View Item
View Item