ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN TATA CARA SHALAT MENURUT HIMPUNAN PUTUSAN TARJIH PADA SISWA MTS MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANTUL

PONIMAN (2016) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN TATA CARA SHALAT MENURUT HIMPUNAN PUTUSAN TARJIH PADA SISWA MTS MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat pemahaman shalat MTs Muhammadiyah Bantul, menganalisis pengamalan shalat siswa MTs Muhammadiyah Bantul serta menganalisis model pembelajaran dan penilaian yang dilakukan guru.
Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method reseach, dengan masa penelitian selama tiga bulan (Maret-Mei) tahun 2015 di MTs Muhammadiyah Kabupaten Bantul (MTs Muhammadiyah Kasihan, MTs Muhammadiyah Pepe, MTs Muhammadiyah Bambanglipuro dan MTs Muhammadiyah Sanden). Sampel dari penelitian ini sebanyak 22 siswa kelas VII dan 4 Guru Mata Pelajaran Fikih/Ibadah MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, interview dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian mengenai pemahaman tata cara shalat siswa MTs Muhammadiyah meliputi (a) siswa menganggap bahwa shalat itu penting, (b) materi shalat merupakan materi yang menyenangkan, (c) shalat sesuai Himpunan Putusan Tarjih merupakan shalat yang dicontohkan Rasulullah, (d) shalat merupakan wujud terima kasih, (e) shalat mampu mencegah perbuatan keji dan munkar serta (f) shalat merupakan kunci kebahagian dunia dan akhirat. Untuk praktek pengamalan shalat siswa MTs Muhammadiyah di Kabupaten Bantul meliputi (a) siswa sudah mulai shalat dengan rutin, (b) selalu berjama’ah di masjid/rumah, (c) menguasai gerakan shalat, (d) bacaan shalat dan dzikir sesuai Himpunan Putusan Tarjih, (e) siswa merasa shalat sudah menjadi kebutuhan, (f) selalu semangat dalam melaksanakan shalat, (g) merasa menyesal/rugi bila meninggalkan shalat dan (h) mulai meningatkan teman-teman yang belum melaksanakan shalat serta (i) siswa selalu menjaga shalat tepat waktu. Sedangkan model pembelajaran meliputi (a) guru menyampaikan materi sesuai Himpunan Putusan Tarjih, (b) model pembelajaran guru menggunakan PBL dan CTL, (c) metode yang digunakan adalah ceramah plus dan praktik, sedangkan (d) model evaluasi yang digunakan adalah tes tulis, praktik dan tes lisa/hafalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEY WORD: TINGKAT PEMAHAMAN, TATA CARA SHALAT
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2022 02:30
Last Modified: 08 Jan 2022 02:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27807

Actions (login required)

View Item
View Item