PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO GAME DENGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY TERHADAP NYERI PASIEN ANAK MASA OPERASIONAL KONKRIT SAAT PREPARASI KAVITAS GIGI DI RSGM UMY

EZA MAR'ATUN SHOLIHAH (2016) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO GAME DENGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY TERHADAP NYERI PASIEN ANAK MASA OPERASIONAL KONKRIT SAAT PREPARASI KAVITAS GIGI DI RSGM UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rasa nyeri akibat prosedur restorasi gigi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada pasien anak, sehingga dapat mempengaruhi kepekaan terhadap rasa sakit. Distraksi menggunakan video game dengan teknologi virtual reality dapat mengaktifkan daerah kognitif dan emosional dalam otak sehingga rasa sakit berkurang.
Tujuan: Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video game dengan teknologi virtual reality terhadap perubahan nyeri pasien anak masa operasional konkrit saat preparasi kavitas gigi di RSGM UMY.
Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan subyek penelitian adalah 34 orang pasien anak kelompok usia 7-11 tahun yang mendapatkan perawatan preparasi kavitas gigi di RSGM UMY. Instrumen penelitian menggunakan Wong Baker Faces Pain Rating Scale (WBFPRS).
Hasil: Analisis Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat rasa nyeri pasien anak masa operasional konkrit antara kelompok perlakuan dan kontrol dengan p value sebesar 0,046 (sig < 0,05). Uji regresi linier menunjukkan adanya pengaruh video game dengan teknologi virtual reality terhadap nyeri pasien anak masa operasional konkrit dengan p value sebesar 0,047 (sig < 0,05).
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh menggunakan video game dengan teknologi virtual reality terhadap nyeri pasien anak masa operasional konkrit saat preparasi kavitas gigi di RSGM UMY.
Kata kunci: video game, virtual reality, nyeri

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: VIDEO GAME, VIRTUAL REALITY, NYERI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2022 07:17
Last Modified: 08 Jan 2022 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27898

Actions (login required)

View Item
View Item