EZA MAR'ATUN SHOLIHAH (2016) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO GAME DENGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY TERHADAP NYERI PASIEN ANAK MASA OPERASIONAL KONKRIT SAAT PREPARASI KAVITAS GIGI DI RSGM UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rasa nyeri akibat prosedur restorasi gigi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada pasien anak, sehingga dapat mempengaruhi kepekaan terhadap rasa sakit. Distraksi menggunakan video game dengan teknologi virtual reality dapat mengaktifkan daerah kognitif dan emosional dalam otak sehingga rasa sakit berkurang.
Tujuan: Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video game dengan teknologi virtual reality terhadap perubahan nyeri pasien anak masa operasional konkrit saat preparasi kavitas gigi di RSGM UMY.
Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan subyek penelitian adalah 34 orang pasien anak kelompok usia 7-11 tahun yang mendapatkan perawatan preparasi kavitas gigi di RSGM UMY. Instrumen penelitian menggunakan Wong Baker Faces Pain Rating Scale (WBFPRS).
Hasil: Analisis Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat rasa nyeri pasien anak masa operasional konkrit antara kelompok perlakuan dan kontrol dengan p value sebesar 0,046 (sig < 0,05). Uji regresi linier menunjukkan adanya pengaruh video game dengan teknologi virtual reality terhadap nyeri pasien anak masa operasional konkrit dengan p value sebesar 0,047 (sig < 0,05).
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh menggunakan video game dengan teknologi virtual reality terhadap nyeri pasien anak masa operasional konkrit saat preparasi kavitas gigi di RSGM UMY.
Kata kunci: video game, virtual reality, nyeri
Dosen Pembimbing: | DRG. ANA MEDAWATI, M. KES | NIDN0529047001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI: VIDEO GAME, VIRTUAL REALITY, NYERI |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jan 2022 07:17 |
Last Modified: | 08 Jan 2022 07:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |