ASPEK BELAJAR MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

CHAKRA HAADI SAPUTRO (2016) ASPEK BELAJAR MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang berbasis pada masalah. Masalah tersebut digunakan sebagai stimulus yang mendorong mahasiswa menggunakan pengetahuannya untuk merumuskan sebuah hipotesis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiaspek belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada metode PBL.
Penelitian ini menggunakan desain observasional dengan pendekatan cross sectional (potong lintang). Mahasiswa farmasi UMY angkatan 2012 sebagai responden yang dipilih menggunakan teknik pemilihan Simple Random Sampling. Aspek belajar terdiri dari lima komponen meliputi: aspek motivasi, keaktifan, ketekunan, kemampuan berpikir dan rasa ingin tahu yang dinilai dengan kuisioner. Kuisioner telah dinyatakan valid setelah melewati uji validitas dan reliabilitas dengan hasil nilai r hitung lebih besar dari r tabel (>0,381). Analisa data menggunakan uji deskriptif analitik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek belajar pada metode PBL masuk kategori tinggi sebesar 76,79%. Aspek motivasi memiliki persentase sebesar 78,57%, keaktifan 76,78%, ketekunan 75,00%, kemampuan berpikir 73,21%, dan rasa ingin tahu sebesar 80,36%.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), aspek belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING (PBL), ASPEK BELAJAR.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:16
Last Modified: 11 Jan 2022 02:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28016

Actions (login required)

View Item
View Item