EKO YULI PURWANDANI (2022) PERAN HUMAS PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DALAM BRANDING GANJAR PRANOWO SEBAGAI GUBERNUR EGALITER PERIODE 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (356kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Bab I.pdf
Download (664kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (658kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Adanya humas dalam instansi pemerintahan adalah sebuah keharusan secara fungsional ataupun operasional untuk upaya dalam menyebarluaskan dan mempublikasikan kegiatan dan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Humas Pemprov Jateng berperan dalam membranding Ganjar Pranowo sebagai gubernur egaliter. Pendekatan pelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, analisis data berupa triangulasi sumber. Informan penelitian ini yaitu Kasubbag Publikasi dan Hubungan Media Humas Pemerintah Jawa Tengah tahun 2019 dan masyarakat yang aktif mengikuti akun media sosial Humas Pemerintah Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan di Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Pahlawan No. 9, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah (50249). Penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berperan strategis dalam branding Ganjar Pranowo sebagai gubernur egaliter. Peran humas sebagai penyalur dan pengelola informasi konten di media sosial milik Humas, serta jembatan komunikasi mengenai informasi yang berkaitan dengan Ganjar Pranowo. Kegiatan yang dilaksanakan humas yaitu liputan kegiatan Ganjar Pranowo yang mengambarkan kedekatan dengan rakyatnya, mengolah konten media sosial Humas berupa foto atau video agar lebih menarik sehingga citra Ganjar Pranowo dapat tersampaikan secara efektif, mempublikasi informasi mengenai gambaran Ganjar Pranowo yang merakyat pada media Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan Website yang disertai caption dengan menggunakan gaya bahasa yang santai serta mudah dimengerti, Humas menyelipkan nama sapaan “Pakdhe” supaya terkesan akrab dengan Ganjar Pranowo. Humas melaksanakan analisis media dengan memonitoring berita media massa dan akun pribadi yang berkaitan dengan Pimpinan baik online maupun cetak, melakukan press release kegiatan Ganjar Pranowo yang menggambarkan kedekatannya dengan rakyatnya dan selalu menampilkan foto beliau, mengkoordinasi press conference bekerjasama dengan Diskominfo untuk memberikan pandangan yang sama dalam menggambarkan Ganjar Pranowo yang merupakan sosok merakyat, humoris, dan milenial. Faktor pendukung humas dalam pelaksanaan branding adalah personality Ganjar Pranowo yang humble dan mudah membaur dengan rakyat, dan adanya respon positif dari masyarakat Jawa Tengah pada konten humas dengan turut mendistribusikan unggahan Humas dimedia sosial. Sedangkan faktor penghambat humas adalah adanya buzzer yang menyebarkan berita hoax dan komentar negatif, serta kurangnya kemampuan Humas dalam melakukan monitoring pada media cetak
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI: PERSONAL, BRANDING, MEDIA SOSIAL, GANJAR PRANOWO. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 07:33 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 07:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28185 |