DIMAS MUHAMMAD AKBAR (2011) HUBUNGAN ANTARA TIPE BELAJAR DENGAN FUNGSI MEMORI OTAK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (571kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Manuasia hidup di dunia berbagai informasi yang dapat menyebabkan banyak perubahan pada kehidupan. oleh karena itu manusia mampu menyesuaikan diri pada situasi maupun kondisi perubahan tersebut bila ingin tetap bertahan hidup, salah satu caranya adalah dengan bertahan belajar. tipe belajar VARK(Visual Aural, Read/Wrrite. Kinesthetic) adalah tipe belajar yang sering diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antra tipe belajar dengan fungsi memori otak pada mahasiswa FKIK UMY. Metode penelitian ini adalah observasi analitik dengan desain eross sectional. Subjek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan doktor angkatan 2010 FKIK UMY. Masing-masing responden mengisi kuisioner untuk dapat dibagi menjadi kelompok tipe belajar VARK. Data yang diperoleh dari penelitian ini diolah dengan menggunakan program statistik crosstab Pearseon Chi-square. Data yang diteliti antara lain tipe belajar VARK, jenis kelamin, umur, IPK, dan peran prior knowledge, lalu dicari hubungannya dengan fungsi memori otak. Hasil penelitian ini dapat disimpilkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tipe belajar VARK dan prior knowledge dengan fungsi memori otak pada mahasiswa angkatan 2010 FIK UMY dibuktikan dengan nilai yang bermakna yakni 0,026 dan0,000 (p<0,05) sedangkan jenis kelamin, umur, dan IPK tidak memiliki hubungan dengan fungsi otak. Prior knowledge di sini memiliki peranan untuk mempengaruhi hubungan antara tipe belajar VARK dengan fungsi memori otak. Tipe belajar VARK dapat dioptimalisasikan dalam hal menghafal ayat-ayat Al-Quran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 26 Mar 2022 04:20 |
Last Modified: | 26 Mar 2022 04:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28217 |