DWI PRASETYA MAHARDIKA (2013) Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan bu dalam Deteksi Dini Gangguan Tumbuh Kembang Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Kasibazi 1 dan 2, Bantul, Yogyakarta. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (165kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (448kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (359kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (538kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Intisari
Pendidikan kesehatan menipakan hd yang saagat penting uatuk dilakukan ddam rangka meoiagkalan
wawasan, pengetahuan dan keterampilaa masyarakat agar dapat mencapai kehidupan yang seha(
termasuk didalaniaya peiiingkatau peaget&uan ibu-ibu dalam d<eksi dini gangguan tumbuh kembang aaak
usia balita
<hingga ibu dapat memberikan penanganan/perawatan s&ini mungkin untuk dapat men gi dampak
negative dari gangguan tmbuh kembang yang tejadi. Peaefitian ini bertujuan untuk melihat tingkat
pengetahuan ibu dalam detcksi dini gangguan tumbub kembang anak balita sebelum dan xsudab dilakukan
intewmsi dalam bentuk pendidkan kesehatan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quo- Experiment @nelitian eksperimen
semu) dengan pretest end posttest with control group design. Sampel dalam penelitian ini b@umlah 30
ibu yang mengikuti kegiatan posyandu di posyaaA 1 daa 2, Bantul, Yogyakarta Pengambilaa sampel
dilakukan deagan zxn purposive sampling.
H<il penelitian ini menujukkan b&wa penñdikan kesehatan memberikan
pengamb yaag positif dan signifikan terfiadap fingkat pengetahuan ibu dalam detcksi dini gangguan
tumbuh kembang anak wia balita di posyandu 1 kxihan Baatul, Yogyakarta QValue 0,020 < 0,05).
Ada pengaruh antara pendidikan kesehatan dengan peningkatan tingkat peiigetafiuan ibu sehingga
disarankan agar pendidikan kesehatau tentang gangguan tumbuh kembang pada balita perlu diberikan
kepada ibu yang mempunyai anak balita agar ibu dapat melakukan deteksi dini dan apabila menemukaa
gangguan tumbub
kembang pada balitanya, dapat segem dilakukan penanganan.
Abstract
He&G &ucation is a vny important thing to do in oder to improve Ge insigbb Aowl&ge and of the
people in order to achieve a heally life, including increas& knowledge of molem in ie early
dctec6on of growth and development disorders of children under five so that mothers can have
a handing/treatment as early as possible to be able to reduce Ge negative impacts of growA
disorders which occw. This study éms to look at the knowl&gc lnel of mothers in the early detection
of growth and development disorders of children before and after ie intervention in ie form of
health education.
The melod used in this study is Quasy-Experiment (quasi-experimental sNdia) wit pretest and postat
with control group design. The samples in lis study were 30 molers who paKicipat& in Ae posya0du 1
aad 2 Baatul, Yogyakarta Sampling was done by purposive sampling.
Resule of this mudy show& that heall &ucation provide a posi6vc and siggificant effut on the
Aowl&ge level of molem in ie early detection of growA and dnelopment disorders of cKldren ag& 1-5
years in posyanA Kasihan 1 Bantul, Yogyakarta (pValue 0.020 < 0,05).
There is effect between bedl &ucation with enhancement ie Aowl&ge Incl of mothers, so it can be
suggnt& fat hedG education &out growth and development disorders of chi1&en should be given to
mothers with toddler so 1¥ molers can do enly d<ection and if fomd growth and dnclopment disorders
of their children, parents caa be done on handing as soon < possible.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 26 Mar 2022 07:44 |
Last Modified: | 26 Mar 2022 07:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28223 |