HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TINGKAT STRES DALAM MENGIKUTI PROSES TUTORIAL PADA MAHASISWA PSIK UMY ANGKATAN 2011

YULIASTRI ANGGRAINI (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TINGKAT STRES DALAM MENGIKUTI PROSES TUTORIAL PADA MAHASISWA PSIK UMY ANGKATAN 2011. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INTISARI

Diskusi tutorial merupakan jantung dari PBL. Kesuksesan PBL dalam menghasilkan
output pendidikan akan sangat ditentukan oleh proses yang terjadi dalam diskusi tutorial.
sedangkan keberhasilan dari tutorial akan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu
peran mahasiswa dalam pelakaanaan tutorial itu sendiri sehingga menuntut mahasiswa untuk
berperan aktif. Tuntutan inilah yang dapat memacu munculnya perasaan stres pada
mahasiswa.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non eksperimen yang
bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan
pada bulan April 2012. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 126 orang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan instrumen berupa
kuesioner. Data dianalisa dengan menggunakan sperman 's rho.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar mahasiswa mahasiswa PSIK
UMY angkatan 2011 yaitu dalam kategori sedang 86,5”4, tingkat stres saat mengikuti proses
tutorial pada mahasiswa PSIK UMY angkatan 2011 sebagian besar mengalami stres ringan
99.24, dengan nilai r korelasi sperman's rho -0,228 dan signifikan p value sebesar 0,010.

Kesimpulan penelitian ini ada hubungan motivasi belajar terhadap tingkat stres dalam
mengikuti proses tutorial pada Mahasiswa PSIK UMY angkatan 2011. Semakin sedang
motivasi belajar mahasiswa, maka semakin ringan tingkat stres mahasiswa PSIK UMY.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:05
Last Modified: 31 Mar 2022 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28440

Actions (login required)

View Item
View Item