YULIASTRI ANGGRAINI (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TINGKAT STRES DALAM MENGIKUTI PROSES TUTORIAL PADA MAHASISWA PSIK UMY ANGKATAN 2011. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
![]() |
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
![]() |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
INTISARI
Diskusi tutorial merupakan jantung dari PBL. Kesuksesan PBL dalam menghasilkan
output pendidikan akan sangat ditentukan oleh proses yang terjadi dalam diskusi tutorial.
sedangkan keberhasilan dari tutorial akan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu
peran mahasiswa dalam pelakaanaan tutorial itu sendiri sehingga menuntut mahasiswa untuk
berperan aktif. Tuntutan inilah yang dapat memacu munculnya perasaan stres pada
mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non eksperimen yang
bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan
pada bulan April 2012. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 126 orang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan instrumen berupa
kuesioner. Data dianalisa dengan menggunakan sperman 's rho.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar mahasiswa mahasiswa PSIK
UMY angkatan 2011 yaitu dalam kategori sedang 86,5”4, tingkat stres saat mengikuti proses
tutorial pada mahasiswa PSIK UMY angkatan 2011 sebagian besar mengalami stres ringan
99.24, dengan nilai r korelasi sperman's rho -0,228 dan signifikan p value sebesar 0,010.
Kesimpulan penelitian ini ada hubungan motivasi belajar terhadap tingkat stres dalam
mengikuti proses tutorial pada Mahasiswa PSIK UMY angkatan 2011. Semakin sedang
motivasi belajar mahasiswa, maka semakin ringan tingkat stres mahasiswa PSIK UMY.
Dosen Pembimbing: | Lisa Musharyanti, S.Kep., Ners., M.Med.Ed., Ph.D. | NIDN0525118001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 07:05 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 07:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |