PERSEPSI MAHASISWA TAHUN III TERHADAP EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENERAPAN DIPROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Windi Kisdianata (2011) PERSEPSI MAHASISWA TAHUN III TERHADAP EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENERAPAN DIPROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

PERSEPSI MAHASISWA TAHUN III TERHADAP EFEKTIFITAS METODE PE1VIBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENERAPAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Windi Kisdianata
Perubahan paradigma pendidikan kedokteran dari pembelajaran yang berpusat pada dosen (teacher centre learning) ke arah pembelajaran yang berpusat pada pelajar (student centre learning) dapat dilihat dan banyaknya Fakultas kedokteran di dunia maupun di Indonesia yang menerapkan problem based learning (PBL). PBL mengandalkan strategi belajar yang berpusat kepada pelajar, kolaboratif, kontekstual, terpadu, diarahkan sendiri, dan reflektif Hal ini yang sangat dibutuhkan di kedokteran gigi, karena selain teori, skills dalam kedokteran gigi sangat penting. Jenis penelitian ini adalah non eksperimental deskriptif dengan pendekatan survey. Jenis rancangan pada penelitian ini karena perlakuan terhadap subyek hanya sekali waktu. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 73 responder, didasarkan atas tingkat kepercayaan 100% terhadap populasi. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu diuji cobakan sukarelawan. Uji validitasnya menggunakan content validity yang digunakan untuk menilai kemampuan per item pada instrumen, dan menggunakan uji korelasi dengan Pearson Product Moment. Setelah dilakukan penelitian didapat mahasiswa menyatakan setuju dengan sistem PBL sebanyak 93,54%, tutorial PBL sebanyak 96,50%, perkuliahan menarik sebanyak 91,00%, dosen yang kompeten sebanyak 90,40%, skill lab sangat membantu belajar sebanyak 91,34%, fasilitas yang baik sebanyak 78,30%, dan praktikum membantu memahami pembelajaran sebanyak 91,34%. Kesimpulan penelitian ini secara umum pelaksanaan metode PBL telah berjalan dengan baik dan mendapat apresiasi. Evaluasi persepsi mahasiswa terhadap efektivitas terhadap sistem, tutorial, perkuliahan, dosen, skill lab, fasilitas, dan praktikum terhadap PBL diperoleh hasil yang memuaskan.
7 7

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:50
Last Modified: 07 Apr 2022 03:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28642

Actions (login required)

View Item
View Item