Dudi Subiadi (2006) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMP PGRI CIREBON. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (463kB)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (750kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (211kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Disiplin merupakan perwujudan dari sikap yang mengarah kepada kepatuhan terhadap peraturan yamg menjadi landasan dalam hekerja maupun bertindak, sehingga arah dan tindakan tersebut mencapai kepada tujuan yang diharapkan. Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dan siswa bermuara kepada pencapaian prestasi. Dengan demikian disiplin merupakan unsur penting dalam pencapaian prestasi belajar. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah; apakah terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMP PG-Ri Cirebon?
Tujuan penelitian tesis ini adalah; 1) untuk menjelaskan tentang tingkat disiplin belajar siswa di SMP PGRI Cirebon, 2) untuk menggambarkan tentang perolehan prestasi belajar siswa di SMP PGR1 Cirebon, 3) untuk membuktikan ada atau tidak adanva hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMP PGRI Cirebon.
Penelitian bertitik tolak dari pemikiran hahwa faktor yang mempengaruhi atau mendukung prestasi belajar siswa itu banvak. Faktor-faktor itu antara lain; motivasi belajar, kedisiplinan belajar, sarana prasarana dan situasi serta kondisi linukunuan sekolah. Untuk rnempermuciah penulis dalam pembahasan penelitian ini dan menuinuat keterbatasan waktu maka faktor yang diambil adalah disiplin belajar, karcna diduga mempunyai hubungan yamg kuat dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian korelatif. Langkah-lang,kah _yang ditempuh dalam pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner (anuket), teknik wawancara dan observasi. Analisisnya menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) tingkat disiplin belajar siswa dengan indikator belajar terjadwal, teratur, datang ke sekolah tepat va k t u, belajar di tempat khusus, belajar setiap waktu dan giat belajar dalam situasi apapun mencapai anuka 48,33% (sedana). 2) prestasi belajar siswa dari seluruh mata pelajaran mencapai rata-rata 68,38 (sedang). 3) tingkat korelasi antara disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar siswa mencapai anuka 0,26. Dengan demikian terdapat hubungan yanu signifikan antara disiplin belajar siswa dengan prestasi helaiar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 06:43 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 06:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28714 |