Ari Septiawati (2021) ANALISIS BUKU PENDIDIKAN BAHASA ARAB KURIKULUM ISMUBA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (714kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Bab I.pdf
Download (444kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (661kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (310kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (750kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Ari Septiawati. Analisis Buku pendidikan Bahasa Arab Kurikulum ISMUBA Kelas IX SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Lembaga pendidikan di Indonesia yang beragam rupanya berpengaruh dalam penerbitan buku atau bahan ajar yang beragram pula kususnya buku ajar bahasa Arab. Lembaga pendidikan muhammadiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerbitkan buku ajar bahasa Arab yang disesuaikan dengan kurikulum ISMUBA. Buku pendidikan bahasa Arab ini merupakan buku pegangan pendidik dan peserta didik untuk pembelajaran bahasa Arab di lembaga pendidikan Muhammadiyah dari tingakatan dasar, menengah dan atas. Lembaga pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta telah mengaplikasikan buku tersebut dalam pembelajaran bahasa Arab. Sehingga menari peneliti untuk melakukan analisis standar kualifikasi (penyajian, isi, bahasa dan grafik) buku tersebut. Berdasarkan permasalah diatas, dapat disampaikan bahwa tujuan penelitian ini adalah menganalisis buku pendidikan baahsa Arab kurikulum ISMUBA untuk mengetahui standar kualifikasi (penyajian, isi, kebahasaan dan kegrafikan) sebagai bahan ajar yang baik.
Jenis penelitian yang digunakana adalah kaulitatif dengan pendekatan library research karena sumber penelitian yang diperoleh dari kepustakaan. Penelitian menggunakan analisis deskriptif alam menyampaikan hasil penelitian. Sumber data primer dalam penelitian adalah buku pendidikan bahasa Arab kurikulum ISMUBA kelas IX SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik dokumentasi dalam mengumpulkan data dan menganalisis buku dengan mengkaji banyak teori yang berkaitan dengan standar kualifikasi sebuah buku ajar. Guna menperdalam pengkajian analisis, peneliti menggunakan teknik analisis data dengan triagulasi.
Hasil penelitian analisis buku pendidikan bahasa Arab kurikulum ISMUBA kelas IX SMP Muhammadiyah Yogyakarta, menyatakan bahwa buku ajar tersebut telah memenuhi standar kualifikasi buku ajar yang baik, dari segi penyajian, isi, kebahasaan dan kegrafikan. Dalam aspek penyajian, buku tersebut telah memenuhi komponen penyajian buhan ajar yang baik. Menyajikan materi yang relevan, runtut dan terarah. Menyajikan komponen pendukung materi seperti indikator, tujuan, langkah pembelajaran, instrument evaluasi belajar, dan kamus. Menggunakan bahasa akademis yang sederhana serta sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. Mendisain buku sesuai dengan ketentuan kegrafikan. Hal demikian diperkuat dengan pengaplikasian bahan ajar tersebut ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Namun ada beberapa hal yang perlu adanya perbaikan di beberapa bagian sebagai penyempurnaan.
Kata kunci: analisis, buku pendidikan bahasa Arab, Kurikulum ISMUBA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 05:09 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 05:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2872 |