PENDIDIKAN HUMANIORA DALAM PRESPEKTIF ISLAM

NAUFAL AHMAD RIJALUL ALAM (2009) PENDIDIKAN HUMANIORA DALAM PRESPEKTIF ISLAM. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK

Memperbincangkan dunia pendidikan pada hakikatnya merupakan
perbincangan mengenai diri kita sendiri. Artinya, perbincangan tentang manusia
sebagai pelaksana pendidikan sekaligus sebagai pihak penerima pendidikan.
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi. Dewasa
ini pendidikan yang diberikan kepada anak didik lebih dominan untuk membuat
diri mereka cenderung lebih individual daripada bersosialisasi dengan lingkungan
sekitarnya.

Hal tersebut ditambah dengan adanya pembangunan dan kemajuan di
segala bidang yang menghasilkan beberapa perubahan-perubahan sosial yang
besar dan menyeluruh pada kehidupan manusia dan mengakibatkan perubahan
sosial. Hal tersebut berakibat pada kemunduran rasa kemanusiaan dalam
masyarakat, khususnya terhadap para generasi muda. Produk pendidikan berubah
menghasilkan manusia yang cerdas dan terampil untuk melakukan pekerjaannya,
tetapi tidak memiliki kepedulian dan perasaan terhadap sesama manusia.

Pendidikan humaniora, sebagai pendidikan kemanusiaan yang berupaya
memanusiakan manusia berperan atau berfungsi sangat strategis dan sentral
karena dapat menggarap dan mengolah rasa kemanusiaan ke arah lebih bermutu.
Pendidikan Humaniora yang lebih menekankan pada penanaman nilai-nilai
kemanusiaan bagi pelajar baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal
merupakan hal yang dirasa mendesak untuk diimplementasikan, apa lagi
menghadapi perubahan zaman yang mempertaruhkan kualitas manusia yang
handal.

Dalam pembahasan yang dikaji secara literer ini, penulis lebih dahulu
menggunakan metode analisis, untuk menginterpretasi beberapa pemikiran tokoh-
tokoh pendidikan, lalu mendekatkan keterangan yang lebih jelas tentang
pendidikan humaniora dalam perspektif Islam dengan metode deduktif dan
induktif untuk mengantarkan penulis pada kesimpulan-kesimpulan akhir sebagai
hasil kajian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep pendidikan humaniora
dan nilai-nilai kemanusiaan yang terdapat dalam pendidikan humaniora ditinjau
dari perspektif Islam. Hasil dari penelitian ini, bahwa konsep pendidikan
humaniora yang terfokus pada nilai-nilai kemanusiaan memiliki kesamaan dengan
pendidikan dalam Islam. Konsep dasar pendidikan humaniora adalah untuk
memunculkan sifat-sifat kemanusiaan pada diri peserta didik. Nilai-nilai
kemanusiaan itu adalah: pertama, Nilai Keberagamaan Vertikal (hablun min
Allah). Kedua, Nilai Kebersamaan (hablun min an Nas). Ketiga, Nilai Kemitraan
(hablun min al-'Alam).

Kata Kunci: Pendidikan Humaniora Nilaunilai Komanuci aan

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:34
Last Modified: 09 Apr 2022 02:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item
View Item