PERAN GURU AKIDAH AKLILAK DALAM MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF SISWA KELAS TAKHASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI

RETNO SUSANTI (2017) PERAN GURU AKIDAH AKLILAK DALAM MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF SISWA KELAS TAKHASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (872kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT

Penelitian ini berJudul “Peran Guru Pendidikan Akidah Aklilak dalam Meningkatkan Ranah Afektif
Siswa Kelas Takhasus di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri”. Selain itu untuk mengetahui bagaimana
proses pembelajaran dalam meningkatkan ranah afektif siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan lfield research). Sumber data diambil dari data
observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif analitik dengan
menggunakandata reduction, data display,dan conclusion drawing.
Dari penelitian tersebut ada beberapa hasil analisis yang di dapatkan. Hasil analisis daa
menunjukkan: (1) pada proses pembelajaran guru telah membuat rencana pembelajaran yang mengarab
pada ranah afektif namun tw&pat bebenpa kegiatan yang belum dilakukan dalam proses pembelajaran
dikelas. Pada saat proses belajar mengajar berlangsung terkadang guru juga memberikan selingan
candaan agar siswa tidak merasa bosan. Gum menggunakan waktu sebaik- baiknya sehingga waktu yang
dimiliki menjadi efisien. Hal ini sesuai dengan salah satu can meningkatkan ranah afektif dengan
menciptakan komunikasi yang baik dengan siswa. (2) berbagai peran yang diberikan oleh guru Aqidah
Akhlak dalam meningkatkan ranah afektif siswa yaiN dongan memberikan tanggung jawab terhadap materi
yang dibexikan pada masing-masing kelompok. Dengan demikian secan tidA langsung guru sudah mencoba
meningkatan ranah afektif siswa dengan mengembangkan moral dan nilai sikap, yang siswa akan
terbiasa sehingga dengan sendirinya akan menghindari sfat-sifat tercela tanpa paksaan.
Key-Word: Peran Guru, Ranah Afektif,

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 09 Apr 2022 03:28
Last Modified: 09 Apr 2022 03:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28748

Actions (login required)

View Item
View Item