UTARI TRI UTAMI (2013) PENGARUH BEBAN PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT STRES SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SLEMAN, YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (467kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (385kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menyelidiki pengaruh beban
pembelajaran terhadap stres siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaiN
1) untuk menyelidiki beban pembelajaran berpengaruh terhadap stres siswa atau tidak, 2) untuk
mengukur seberapa besar beban pembelajaran menentukan stres siswa di SD Negeri, SDIT. dan SD
Muhammadiyah.
Dalam penelitiaH ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Menggunakan
pendekatan kuantitatif karena penelitian ini ingin mengukur seberapa besar pengaruh beban
pembelajaran terhadap tin@at stres siswa. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik analisis compare mean. Dengan analisis menggunakan one way ANOVA dan untuk mengetahui
pengaryhnya menggunakan rumus regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan angket, dokumentasi dan angket wali kelas unNk menguatkan data
Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan beban pembelajaran mempengaruhi
lin@at stres siswa. Akan tetapi Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 41,3%.
Interpretasi yang didapatkan adalah nilai R Square (R2) — 0,413 = 41,3%. Nilai ini menunjukkan
bahwa beban pembelajaran menyumbang 41.3% terhadap tingkat stres. Jadi pengaruh beban pembelajaran
terhadap tingkat stres siswa adalah sebesar 41,3% dan besarnya variabel lain yang memengaruhi
variabel Y adalah sebesar 58,7%. Tekanan dari dalam maupun dari luar diri anak mempengaruhi tingkat
stres anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 01:55 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 01:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28774 |