Evi Hastuti (2017) PELAKSANAAN PELAYANAN RAWAT INAP PASIEN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS ALBA NIZZA GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (179kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (316kB)
BAB I.pdf
Download (893kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (774kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (317kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (690kB)
Abstract
Pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin adalah masalah yang komplek dan begitu pentingnya kesehatan bagi manusia, sehingga semua manusia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Puskesmas merupakan pihak terdepan dalam pelayanan kesehatan, oleh sebab itu keberadaan Puskesmas sangatlah penting, selain itu Puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan tempat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok, dan untuk mengetahui kualitas pelayanan Puskesmas Alba Nizza Gantiwarno Kabupaten Klaten kepada pasien BPJS Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Puskesmas Alba Nizza Gantiwarno Kabupaten Klaten kepada pasien BPJS Kesehatan. Penelitian ini bersifat diskriptif kualitatif yang dilakukan di Puskesmas Alba Nizza Gantiwarno Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Analisa data yang digunakan dalam penelitian iniadalah analisis data deskriptif Hasil yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan Puskesmas Alba Nizza Gantiwarno Kabupaten Klaten kepada pasien BPJS Kesehatan sesuai dengan harapan pasien dan kepuasan pasien BPJS Kesehatan. Dimensi yang menjadi pengukur kualitas pelayanan Puskesmas Alba Nizza Gantiwarno adalah:1) Bukti Fisik 2) Kompetensi Teknik„ 3) akses atau keterjangkauan, 4) Efektifitas, 5) Efisiensi, 6) Kenyamanan, 7) Informasi, 8) Hubungan antar manusia. Dalam hal ini Puskesmas telah menunjukkan adanya pelayanan yang baik dengan memberikan pelayanan yang memenuhi harapan dan kepuasan pasien BPJS Kesehatan, tempat yang mudah diakses dan memberikan keringanan pendanaan, efektifitas dan efisiensi dalam melayani pasien berobat, penanganan yang berkelanjutan kepada pasien, keamanan dalam pengobatan dan tempat pelayanan, tempat dan petugas yang dapat memberikan kenyamanan berobat, kejelasan dan kemudahan mendapat informasi atau mencari informasi yang dibutuhkan pasien BPJS Kesehatan, pelayanan yang cepat dan tidak berbelit-belit bagi pasien BPJS Kesehatan, menjaga hubungan baik dengan pasien dan instansi-instansi yang terlibat dalam pelayanan pasien BPJS Kesehatan.
Kata Kunci• Pelavanan_ HMS Kesehatan. Puskesmas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:59 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28788 |