TANGGUNGJAWAB PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE

YONISHA SUMUAL (2021) TANGGUNGJAWAB PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TRANSAKSI JUAL BELI SUATU BARANG ATAU PRODUK DI ERA GLOBALISASI SEPERTI INI SANGAT TINGGI PERMINTAAN DARI KONSUMEN DENGAN ADANYA KEMAJUAN TEKNOLOGI YANG TELAH MEMBERIKAN KEMUDAHAN BAGI KONSUMEN DALAM BERBAGAI BIDANG, SALAH SATUNYA DALAM BIDANG PERDAGANGAN ATAU JUAL BELI DALAM MELANGSUNGKAN KEHIDUPAN KONSUMEN TIDAK AKAN PERNAH LEPAS DARI PERIHAL JUAL BELI DIMANA PERDAGANGAN TERUS MENINGKAT DEGAN SANGAT SEKNIFIKAT YANG TELAH MENGUBAH SISTEM EKONOMI KONVENSOIONAL MENJADI DIGITAL. TANGGUNGJAWAB DALAM JUAL BELI SECARA ONLINE SEBAGAI BENTUK UNTUK MENGURAGI KERUGIAN YANG DI TERIMA. KARENA PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE HARUS SECARA ANDAL,AMAN,DAN BERTANGUNGJAWAB TERHADAP BEROPERASINYA SISTEM ELEKTRONIK YANG TELAH DIATUR DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG INFROMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI HUBUNGAN HUKUM ANTARA PARAPIHAT YANG TERKAIT DAN BENTUK TANGGUNGJAWAB PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE DALAM KASUS PENGIRIMAN BARANG YANG TIDAK SAMPAI KE KONSUMEN. JENIS PENELITIAN INI MENGGUNAKAN NORMATIF. JENIS DATA YANG DIGUNAKAN YAITTU PRIMER, SKUNDER DAN TERSIER. TEKNIK PENGUMPULAN DATA MENGUNAKAN ANALISIS PERPREKTIF DENGAN PENDEKATAN PERUNDANGUNDANGAN. HASIL PENELITIAN KONSUMEN MENDAPATKAN HAK DAN KEWAJIBAN MEREKA DALAM TRANSAKSI JUAL BELI SECARA ONLINE DAN MENDAPATKAN KENYAMANAN DALAM BERTRANSAKSI.PENELITIAN YANG SUDAH DILAKSANAKAN DAPAT DISIMPULKAN PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE MELAKSANAKA BENTUK TANGGUNGJAWAB DALAM BERTRAKSASKI JUAL BELI SESUAI DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RESPONSIBILITY, BUYING AND SELLING, CONSUMERS, LEGAL RELATIONS
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 17 May 2022 08:16
Last Modified: 17 May 2022 08:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29092

Actions (login required)

View Item
View Item