ASRI ALFAJRI (2022) ANALISIS KINERJA KLINIK 'AISYIYAH MEDICAL CENTER SURAKARTA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Balanced scorecard (BSC) merupakan salah satu alat penilaian kinerja dan manajemen strategis dan telah menjadi instrumen pengukuran kinerja yang popular. Selain sebagai alat untuk penilaian kinerja, BSC juga dapat digunakan untuk manajemen strategis.
Tujuan: Mengetahui analisis lingkungan eksternal dan internal (SWOT), rencana strategis, indikator kinerja strategis dan kinerja Klinik ‘Aisyiyah Medical Center Surakarta berdasarkan 4 perspektif balanced scorecard.
Metode: Mixed method yaitu penelitian kualitatif dilakukan dengan metode wawancara dan FGD (Focus Group Discussion). Penelitian kuantitatif dilakukan dengan mengukur kepuasan pasien dan karyawan menggunakan kuesioner kepuasan. Beberapa data sekunder dikumpulkan untuk keperluan penelitian. Data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik dan analisis konten kualitatif, sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik sederhana.
Hasil: Pemetaan strategi pada diagram kartesius berada pada kuadran I (growth strategy). Hasil wawancara didapatkan 2 tema, 5 sub tema dan 12 kategori. Hasil FGD didapatkan 16 rencana strategis dan 8 indikator kinerja strategis berdasarkan 4 perspektif balanced scorecard. Indikator-indikator tersebut terdiri dari 1 indikator keuangan, 2 indikator pelanggan, 3 indikator bisnis internal dan 2 indikator pertumbuhan dan pembelajaran. Pada tahun 2020 didapatkan peningkatan pendapatan sebesar 25,6 %, penurunan jumlah pasien sebanyak 7%, tingkat kepuasan pasien 86,7 % (sangat puas), peningkatan jumlah instansi yang bekerja sama dengan Klinik sebanyak 42%, penambahan 2 layanan atau program baru, Klinik belum terakreditasi, sebanyak 28,5 % karyawan telah tersertifikasi, dan tingkat kepuasan karyawan mencapai 76,6 % (puas).
Kesimpulan: Kinerja Klinik ‘Aisyiyah Medical Center Surakarta pada tahun 2020 adalah baik pada perspektif keuangan, bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran, sedangkan pada perspektif pelanggan adalah kurang baik.
Dosen Pembimbing: | SITI DYAH HANDAYANI, DR., S.E., M.M. and ARLINA DEWI, DR. DR., M.KES. | NIDN0531056801, NIDN0531106801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | KINERJA, MANAJEMEN STRATEGIS, BALANCED SCORECARD (BSC) |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 03:52 |
Last Modified: | 19 May 2022 03:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |