ANNISA AMALIA (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI (AL-ISLAM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (332kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (166kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (869kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran, kendala-kendala pembelajaran, dan solusinya di SD Muhammadiyah Karangharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karanghajo. Subjek penelitian guru mata pelajaran pendidikan Al-Islam dan orangtua siswa. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah Karangharjo yaitu: (1) Adanya pelaksanaan pembelajaran blended learning yaitu pembelajaran daring dan luring; (2) adanya penggunaan media pembelajaran seperti google classroom, yotube, dan link; (3) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu dengan metode praktik dan ceramah; (4) adanya evaluasi pembelajaran Al-Islam dengan penilaian praktik. Kendala yang dihadapi oleh guru Al-Islam yaitu: (1) siswa kurang memperhatikan instruksi yang dilakukan oleh guru; (2) adanya siswa yang terlambat mengumpulkan tugas; (3) tidak tersedianya buku panduan; (4) adanya kesulitan orang tua saat membimbing anak. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika dari pembelajaran Al-Islam yaitu: (1) adanya kerja sama guru dengan orang tua siswa; (2) adanya bimbingan dari guru Al-Islam kepada peserta didik secara rutin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROBLEMS, LEARNING, ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION (AL-ISLAM). |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 07:25 |
Last Modified: | 19 May 2022 07:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29877 |