PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

AULIYA DWI HARTANTI (2022) PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA DENGAN MEMPERHATIKAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KUALITATIF DENGAN JENIS PENELITIAN LAPANGAN. PEMILIHAN INFORMAN PADA PENELITIAN INI MENGGUNAKAN TEKNIK PURPOSIVE. DATA DIPEROLEH MELALUI TEKNIK PENGUMPULAN DATA DENGAN WAWANCARA, OBSERVASI, DAN DOKUMENTASI. DATA YANG TELAH TERKUMPUL KEMUDIAN DIOLAH DENGAN BEBERAPA TAHAP YAITU REDUKSI, DISPLAY, DAN VERIFIKASI. HASIL YANG DIDAPAT MENUNJUKKAN BAHWA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PAI TETAP MEMPERHATIKAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA, YAITU: (1) PENENTUAN MATERI (2) PENGGUNAAN BAHASA (3) KEPERAGAAN (4) PENGULANGAN (5) INDIVIDUAL (6) KASIH SAYANG (7) HABILITASI. TERDAPAT JUGA KENDALA YANG DIHADAPI SAAT PEMBELAJARAN DARING BERUPA KENDALA INTERNAL DAN KENDALA EKSTERNAL, KENDALA INTERNAL BERUPA: (1) MOOD PESERTA DIDIK YANG TIDAK STABIL (2) PENYAKIT BAWAAN PESERTA DIDIK. ADAPUN UNTUK KENDALA EKSTERNAL BERUPA: (1) KETIDAKTERSEDIAAN SMARTPHONE (2) PENDAMPINGAN ORANG TUA. HASIL PADA PENELITIAN INI JUGA MENUNJUKKAN UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN IT GURU MATA PELAJARAN ADALAH DENGAN MENGADAKAN PELATIHAN KETERAMPILAN TIK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ONLINE LEARNING, ISLAMIC EDUCATION, MENTAL IMPAIRMENT
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 May 2022 07:23
Last Modified: 19 May 2022 07:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29881

Actions (login required)

View Item
View Item