TRANSFORMASI METODE PEMBELAJARAN ABAD 21 (STUDI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

ZAKI AFNAN SALMADATU (2022) TRANSFORMASI METODE PEMBELAJARAN ABAD 21 (STUDI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGANALISIS METODE PEMBELAJARAN ABAD 21 DENGAN PENERAPAN STUDI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SEBAGAI RANAH UPAYA OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, SERTA MEMBERIKAN GAMBARAN TERKAIT HASIL YANG DIPEROLEH MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP OPTIMALISASI PEMBELAJARAN, KHUSUSNYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE LIBRARY RESEARCH DENGAN JENIS PENDEKATAN KUALITATIF. PENELITI LEBIH MENEKANKAN PADA PENGGUNAAN DATA SEKUNDER, MELALUI MEDIA PERANTARA ATAU SECARA TIDAK LANGSUNG YANG MENGACU PADA BUKU, JURNAL, DAN LITERATUR TERKAIT, BAIK YANG DIPUBLIKASIKAN ATAU YANG TIDAK DIPUBLIKASIKAN SECARA UMUM. TEKNIK PENGUMPULAN DATA DILAKUKAN MENGGUNAKAN METODE KAJIAN PUSTAKA DENGAN CARA MENGKAJI, MENGANALISIS, DAN MEMVERIFIKASI DATA YANG KONKRIT DALAM PEMBAHASAN PENELITIAN. HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN BAHWA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING LEBIH MEMBERIKAN PELUANG DAN KESEMPATAN KEPADA SISWA SUPAYA DAPAT MENCARI, MENERIMA, MENGOLAH, MEMETAKAN, DAN MENEMUKAN HAL BARU SECARA INOVATIF, SEHINGGA PERAN GURU DALAM HAL INI BERTINDAK SEBAGAI PEMBERI ARAHAN TERKAIT MATERI YANG DIPELAJARI. PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DAPAT DILAKUKAN MELALUI ENAM RANCANGAN YAITU DENGAN PEMBERIAN STIMULUS, IDENTIFIKASI MASALAH, PENGUMPULAN DATA, PENGOLAHAN DATA, PEMBUKTIAN SECARA NYATA, DAN MEMBUAT KESIMPULAN TERKAIT HASIL TEMUAN.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN, DISCOVERY LEARNING, OPTIMALISASI PEMBELAJARAN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 May 2022 04:23
Last Modified: 19 May 2022 04:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29950

Actions (login required)

View Item
View Item