PENGARUH KULTUR ORGANISASI, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN SMART GOVERNMENT: STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PENGGUNA PELAYANAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2021

RAHMA AYUNINGTYAS (2022) PENGARUH KULTUR ORGANISASI, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN SMART GOVERNMENT: STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PENGGUNA PELAYANAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kultur organisasi, kualitas informasi dan kualitas pelayanan terhadap penggunaan smart government pada masyarakat pengguna pelayanan online di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang tahun 2021. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, adapun jumlah respondennya ialah 100 orang pengguna pelayanan online pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten pemalang, peneliti mengolah data dengan menggunakan aplikasi Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh penggunaan smart goverment pada masyarakat pengguna pelayanan online, dimana variabel Penggunaan Smart Government dan kualitas informasi berada pada nilai rata-rata interval sebesar 3.6 – 4.9 yang menunjukkan bahwa tingkat masyarakat Kabupaten Pemalang dalam memanfaatkan smart government dinilai baik terhadap penggunaan pelayanan online, Tetapi dalam variabel kultur organisasi dan kualitas pelayanan, berada pada interval 2,3 – 3,6 yang mana kualitas informasi memiliki pengaruh yang cukup terhadap masyarakat sebagai pengguna smart government dalam melakukan pelayanan online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Kemudian hasil output dari R Square Penggunaan Smart Government dapat menjelaskan bahwa Kultur Organisasi, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan memiliki nilai pengaruh sebesar 0.293, sehingga interpretasi pengaruh variabel tersebut pada Penggunaan Smart Government hanya berjumlah 29,3%, tingkat penggunaan pelayanan online dengan variabel tersebut dianggap memiliki tingkat pengaruh yang lemah. pada perhitungan path coefficient, Variabel Kualitas Informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan smart government, Sedangkan pada variabel Kultur Organisasi, dan Kualitas Pelayanan memiliki tidak memiliki pengaruh positif. kemudian perhitungan T-Statistic kultur organisasi dan kualitas informasi terbukti secara signifikan tetapi kualitas pelayanan tidak terbukti secara signifikan dalam penggunaan pelayanan online pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SMART GOVERNMENT, ORGANIZATIONAL CULTURE, INFORMATION QUALITY, SERVICE QUALITY
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 May 2022 04:20
Last Modified: 19 May 2022 04:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29995

Actions (login required)

View Item
View Item