RAHMA AYUNINGTYAS (2022) PENGARUH KULTUR ORGANISASI, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN SMART GOVERNMENT: STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PENGGUNA PELAYANAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (860kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Bab I.pdf
Download (444kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (938kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (574kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (802kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kultur organisasi, kualitas informasi dan kualitas pelayanan terhadap penggunaan smart government pada masyarakat pengguna pelayanan online di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang tahun 2021. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, adapun jumlah respondennya ialah 100 orang pengguna pelayanan online pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten pemalang, peneliti mengolah data dengan menggunakan aplikasi Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh penggunaan smart goverment pada masyarakat pengguna pelayanan online, dimana variabel Penggunaan Smart Government dan kualitas informasi berada pada nilai rata-rata interval sebesar 3.6 – 4.9 yang menunjukkan bahwa tingkat masyarakat Kabupaten Pemalang dalam memanfaatkan smart government dinilai baik terhadap penggunaan pelayanan online, Tetapi dalam variabel kultur organisasi dan kualitas pelayanan, berada pada interval 2,3 – 3,6 yang mana kualitas informasi memiliki pengaruh yang cukup terhadap masyarakat sebagai pengguna smart government dalam melakukan pelayanan online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Kemudian hasil output dari R Square Penggunaan Smart Government dapat menjelaskan bahwa Kultur Organisasi, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan memiliki nilai pengaruh sebesar 0.293, sehingga interpretasi pengaruh variabel tersebut pada Penggunaan Smart Government hanya berjumlah 29,3%, tingkat penggunaan pelayanan online dengan variabel tersebut dianggap memiliki tingkat pengaruh yang lemah. pada perhitungan path coefficient, Variabel Kualitas Informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan smart government, Sedangkan pada variabel Kultur Organisasi, dan Kualitas Pelayanan memiliki tidak memiliki pengaruh positif. kemudian perhitungan T-Statistic kultur organisasi dan kualitas informasi terbukti secara signifikan tetapi kualitas pelayanan tidak terbukti secara signifikan dalam penggunaan pelayanan online pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMART GOVERNMENT, ORGANIZATIONAL CULTURE, INFORMATION QUALITY, SERVICE QUALITY |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:20 |
Last Modified: | 19 May 2022 04:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29995 |