IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI PULUHAN SEDAYU

AMALIA WAHYU PURNAMA (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI PULUHAN SEDAYU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masa pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan pada lingkungan sekolah. Kemudian dibentuklah kebijakan Kurikulum Darurat Covid-19 untuk menyelamatkan dan menjaga kesehatan warga sekolah dari dampak pandemi tersebut dengan menjalankan metode belajar dari rumah seperti yang dilaksanakan oleh SD Negeri Puluhan Sedayu. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai implementasi Kurikulum Darurat Covid-19 di SD Negeri Puluhan Sedayu untuk melihat kendala yang dialami serta solusi yang telah diberikan untuk menanggulangi kendala tersebut. Tujuan daripada penelitian adalah untuk memaparkan pelaksanaan Kurikulum Darurat Covid-19 di SD Negeri Puluhan Sedayu serta kendala yang tarjadi ketika pelaksanaan kurikulum tersebut, juga memaparkan pula solusi dari sekolah tersebut untuk mengatasi kendala yang dialami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelittian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SD Negeri Puluhan Sedayu benar mengimplementasikan Kurikulum Darurat Covid-19 berdasarkan observasi, dokumentasi dan wawancara yang telah dilakukan. SD Negeri Puluhan telah melaksanakan kurikulum tersebut dengan memenuhi komponen tujuan, isi, stategi, dan evaluasi Perbedaan kurikulum yang digunakan sebelum adanya pandemi Covid-19 dengan Kurikulum Darurat Covid-19 adalah pada penyederhanaan KD dan terdapat beberapa perbedaan pada metode dan penilaian dalam belajar; 2) SD Negeri Puluhan Sedayu melaksanakan Kurikulum Darurat Covid-19 sesuai dengan fungsi kurikulum, yakni fungsi penyesuaian, integrasi, deferensiasi, persiapan, pemilihan, dan diagnostik; 3) Terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan Kurikulum Darurat Covid-19, yakni pada bagian administrasi pembelajaran, pada bagian pembelajaran, pada bagian sarana dan prasarana, pada bagian evaluasi pembelajaran, serta adanya solusi yang dibuat oleh sekolah untuk mengatasi kendala tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CURRICULUM, THE COVID-19 EMERGENCY CURRICULUM
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 May 2022 04:09
Last Modified: 19 May 2022 04:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

View Item
View Item