Lilis Nurfaizatul Laila (2021) ANALISIS KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB)
Bab I.pdf
Download (909kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (608kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Guru sebagai pengajar merupakan pencipta kondisi belajar dimana guru bertanggung jawab terhadap pendidikan siswanya, dengan adanya kompetensi guru diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, sehingga hasil belajar yang diharpkan berupa pencapaian yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui konsep kompetensi guru bahasa Arab dalam peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Gedongtengen (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Muhammadiyah Gedongtengen, dan (3) Untuk mengetahui kompetensi guru bahasa Arab dalam peningkatan motivasi belajar belajar siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Gedongtengen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 37 orang, dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling yang jenisnya sampel jenuh. Data diperoleh melalui instrumen angket dan wawancara, dianalisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya, (1) tingkat kompetensi guru bahasa Arab di MTs Muhammadiyah Gedongtengen berada pada kategori sedang yakni 62,2% (2) tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang yakni 70,3%. Dan (3) hasil dari analisis menyatakan bahwa tidak ada pengaruh kompetensi guru bahasa Arab terhadap motivasi belajar siswa dimana membandingkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,057 dengan probabilitas 0,05 dan membandingkan nilai thitung sebesar 1,966 dengan ttabel 2,030.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 02:32 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 02:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3023 |