ANDREAS DERI PURNAMA (2022) ANALISIS SISTEM INDUKSI UDARA DAN FUEL PUMP L-EFI BMW 3 SERIES M40B18. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (624kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (80kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (760kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (512kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ANALISIS SISTEM INDUKSI UDARA DAN FUEL PUMP L-EFI BMW 3 SERIES M40B18 ADALAH SEBUAH HASIL ANALISIS YANG DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI ACUAN DARI SISTEM KENDARAAN MOTOR BAKAR OTTO DENGAN SISTEM L-EFI. PENELITIAN INI DIFOKUSKAN UNTUK PROSES MAINTENANCE DAN TROUBLE SHOOTING PADA SISTEM INDUKSI UDARA DAN FUEL PUMP KENDARAAN L-EFI. OBJEK PENELITIAN MENGGUNAKAN BMW SERI 3 DENGAN TIPE MESIN M40B18 YANG TELAH BERUSIA SEKITAR 30 TAHUN DARI MASA PERAKITAN. WAKTU PENGGUNAAN YANG TERBILANG LAMA INI TENTUNYA SUDAH MEMBUTUHKAN PERAWATAN DARI BEBERAPA SISTEM DAN SENSOR YANG CUKUP SULIT UNTUK DIIDENTIFIKASI.
SISTEM L-EFI MERUPAKAN SEBUAH SISTEM YANG LEBIH KOMPLEKS DIBANDINGKAN PENDAHULUNYA YAITU D-EFI. SISTEM L-EFI MEMILIKI SENSOR SEBAGAI ALAT PENGUKUR JUMLAH DAN SUHU DARI UDARA YANG MASUK KE SISTEM PEMBAKARAN PADA ENGINE. KENDALA UMUM PADA SENSOR INI BERUPA AFM YANG DIUKUR HUBUNGAN TAHANAN (?) DARI TIAP TITIK SENSOR NYA DAN MEMERIKSA KONDISI LAPISAN KARBON PADA AFM. PADA SISTEM BAHAN BAKAR DILAKUKAN PENGECEKAN TEKANAN BAHAN BAKAR YANG DIPOMPA OLEH FUEL PUMP SERTA MELAKUKAN PENGGANTIAN DARI KOMPONEN SALURAN BAHAN BAKAR YANG SUDAH RUSAK DAN MENYEBABKAN KEBOCORAN.
HASIL DARI PENELITIAN BERUPA DATA PENGUKURAN DARI KOMPONEN YANG MENUNJANG SISTEM L-EFI SERTA KERUSAKAN DAN TROUBLE SHOOTING PADA SISTEM. PADA FUEL PUMP TERDAPAT BAGIAN SELANG YANG BOCOR SEHINGGA HANYA MENGHASILKAN TEKANAN BAHAN BAKAR MAKSIMAL 3,0 BAR DAN TERUS MENURUN YANG MENGINDIKASIKAN ADANYA KEBOCORAN. SETELAH MELAKUKAN PENGGANTIAN KOMPONEN YANG RUSAK, MAKA DIDAPAT HASIL SEBESAR 6,8 BAR DAN TETAP SEHINGGA DAPAT DIKATAKAN FUEL PUMP DAN SALURAN BAHAN BAKAR TELAH BEKERJA DENGAN BAIK. SISTEM INDUKSI UDARA DILAKUKAN PERBAIKAN LAPISAN KARBON PADA AFM YANG MENGALAMI PUTUS SARUS PADA RPM RENDAH YANG MENYEBABKAN RPM DARI OBJEK PENELITIAN HANYA BISA MENCAPAI 3000 RPM. HASIL AKHIR DARI ANALISA INI YAITU KENDARAAN DAPAT MELAKUKAN KENAIKAN RPM DENGAN STABIL HINGGA 6000 RPM.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | L-EFI SYSTEM ANALYSIS, RE-CARBON AFM, M40B18 EFI SYSTEM. |
Divisions: | Program Vokasi > Teknologi Mesin D3 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:32 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30474 |