PENERAPAN PRAKTEK DEBAT PADA MATA KULIAH JITSUYOU KAIWA DALAM MODA DARING

ANISA SURATNI INDRIYATI (2022) PENERAPAN PRAKTEK DEBAT PADA MATA KULIAH JITSUYOU KAIWA DALAM MODA DARING. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul penerapan praktek debat pada mata kuliah Jitsuyou Kaiwa dalam moda daring yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan perkuliahan dan mengetahui respon mahasiswa terkait pembelajaran debat bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif kepada mahasiswa Tingkat III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UMY TA 2021-2022. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket.

Berdasarkan hasil analisis data, kegiatan perkuliahan Jitsuyou Kaiwa yang dilaksanakan secara daring pada materi pembelajaran debat bahasa Jepang menunjukan bahwa terdapat tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan praktek debat, dan tahap evaluasi. Lebih lanjut, data angket respon mahasiswa menunjukan mayoritas mahasiswa Tingkat III PBJ UMY setuju apabila pembelajaran debat bahasa Jepang merupakan hal baru bagi mereka. Selain itu, melalui debat bahasa Jepang dapat mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif serta mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang mahasiswa.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: DEBATE PRACTICE, JITSUYOU KAIWA, IMPLEMENTATION, COMMUNICATION ABILITY
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 Apr 2022 04:32
Last Modified: 23 Apr 2022 04:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30536

Actions (login required)

View Item
View Item