SRI WASIATI (2007) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS V SD MUHAMMADIYAH GENDOL IV TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (275kB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (425kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (307kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna dimuka bumi Kesempurnaan manusia sangat banyak, antara lain bahwa setiap manusia (normal) dianugerahi articulator yang dapat menghasilkan bahasa. Berbagai upaya sudah banyak dilakukan oleh pemerintah diantaranya, Bahasa Indonesia wajib diberikan pada lembaga pendidikan formal. Hal ini dimaksudkan untuk untuk membekali lulusannya dengan dasar-dasar kemampuan membaca yang optimal, sebab pelajaran membaca di Sekolah Dasar merupakan dasar atau landasan untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Fenomena dimana seorang muris kelas tiga SD belum dapat membaca dengan baik dan prestasi belajarnya pun selalu buruk, dan kemudian prestasi belajarnya menjadi semakin baik ketika anak tersebut telah naik menjadi kelas lima dengan kemampuan membaca yang jauh lebih baik, menjadi alasan penulis mengangkat maaslah ini dalam penelitiannya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca murid klas V SD Muhammadiyah Gendol IV, bagaimana prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mereka, dan bagaimana hubungan antara kemampuan membaca mereka dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam mereka. Yang menjadi obyek penelitian adalah prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan kemampuan membaca. Metode penelitian yang dipakai adalah mencari hasil kemampuan membaca dengan Membagi Jumlah kata dalam bacaan yang diberikan pada murid dengan babyaknya waktu yang dibutuhkan murid untuk membaca bacaan tersebut dibagi setelah dibagi 60, dikalikan dengan pemahaman isi bacaan yang dibagi dengan 100, dikalikan dengan jumlah kata yang dapat dibaca mwi setiap menitnya.Mengukur kecepatan membaca dengan menggunakan "stop wacth". Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V SD Muhammadiyah Gendol IV Tempel Sleman. Dan kemampuan membaca serta prestasi belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas V SD Muhammadiyah Gendol IV pun sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:22 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30720 |