ABDUL MUHYIE BIN ANUAR (2016) METODE PEMBELAJARAN MENCINTAI DAN MENGHAFAL AL-QUR'AN (ANALISIS TERHADAP KITAB SA'AD RIYAD KAIFA NUHABBIBU AL-QUR'AN LI ABNA'INA). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (317kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (356kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (349kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (907kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (624kB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berlujuan untuk mengetahui metode pembelajaran mencintai dan aienghafal d-Qur’an
menunit Sa’Q Riy dalam kitab Kaifa Nuhabbibu Al•Qur’an Li Abnâ ’in‹i. Manfaat dan kegunaan
penelitian ini adalah diharap dapat menambahkan dan mengembangkan wawasan keilmuan tentang
menghafal al-Qur’an dan sebagai pengantar renungan untuk para peneliti selanjutnya yang menitik
beratkan penelitian pada pembahasan mengembangkan pendidikan anak-anak dengan al-Qur’an dan teori
tentang
Penelitian ini adalah tergolong penelitian kepustakaan Library research) yang mengkaji Kitab Kaifa
Nuhabbibu Al-Qur’an Li Abnâ’rna dengan menggunakan aoalisis data yaitu analisis isi (content
analisis). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analitis
karena penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan informasi
berupa catatan dan data desiuiptif yang terdapat di dalam teks yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap al-Qur’an, hendaklah
orang tua mengawali dengan memberikan keteladanan kepada anak-anak dengan menjadikan rumah dengan
penuh keteladanan dan pembiasaan karena umumnya keluarga merupakan lingkungan hidup yang pertama
bagi setiap orang yang memberikan pengaruh pada cara individu itu memenuhi kebutuhan dasar
dalam mendapatkan pengetahuan, memiliki sikap dan mengembangkan keterampilan di dalam dan untuk
kehidupan. Seorang pendidik harus memanfaatkan sarana pendidikan modem dan selalu memperbaiui
dengan apa yang sesuai dengan karakteristik anak-anak. seorang pendidik memilih waktu yang tepat
termasuk keterampilan yang dibutuhkan dalam proses pendidikan agar mencapai keberhasilan dalam
menatuuakan kecintaan terhadap al-Qur’an
Untuk mengajar anak menghafal al-Qur’an, hendaklah memberikan bimbingan dan motivasi dalam
pembelajaran menghafal al-Qur’an dengan mengetahui kelebihan menghafal dan membaca al-Qur’an,
mengadakan perlombaan menghafal al-Qur’an dalam menanamkan sikap kompetitif di antara anak didik
dan memberi imbalan kepada yang menang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 07:28 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 07:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30749 |