ABDURROHMAN (2010) PENERAPAN METODE YANG SESUAI DENGAN KEAHLIAN GURU SEBAGAI UPAYA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 CILONGOK BANYUMAS. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (220kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (410kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (227kB)
DAFTRA PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (414kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian iai &mijuan untuk meningkatkan prestasi &lajar pendidikan agama islam dengan mengunakan
metode presentasi pada siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Cilongok, Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.
Peneliti$zl ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek
penelitian 37 siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Cilongok, Banyumas tahun pekjanin 2009/2010 .
Penyusunan rancangan peneliaan ini melibatkan penelifi, gum, dan kolabomtor. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan melalui pengamatan, wawancaia, dan tes. Data tentap$ aktivi& siswa ddam p»ses
&lajar mengajar diperoleh melalui pengama& dan dianali8iS S Carfi kua1i&tif untuk membandingkan
nilai mta-rata evaluasi setiap sUus sehingga diketahui keberhasilan tindakan. Data nilai rata-rata
evaluasi yang diperoleh dengan hasil angket kepa& siswa tiap siklus, dan &a ixilai mta-rata tes
akhir diperoleh dari hasil tes akhir tiap-tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas G F semeser
genap SMP Negeri 2 Cilongok, tAun pelajamn 2009/2010 &pat meaingkat dau dapat meningkat pula prs&i
belajamya dengan menggunakan metode Presen&i. Hal ini dapat dilihat dari pemerolehan prestasi
belajar siswa pada pendidikan agama Islam pa& siUus I memperoleh nilai mta-mta 73,81 , siUus II
memperoleh nilai mta-mta 78,78, dan siklus III memperoleh nilai- mta-mta 83,11. Dengan pegcapaian
ersebut, maka dapat dikatakan bahwa hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini tennasuk kategori
baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 07:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 07:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30750 |