PENERAPAN METODE YANG SESUAI DENGAN KEAHLIAN GURU SEBAGAI UPAYA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 CILONGOK BANYUMAS

ABDURROHMAN (2010) PENERAPAN METODE YANG SESUAI DENGAN KEAHLIAN GURU SEBAGAI UPAYA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 CILONGOK BANYUMAS. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTRA PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian iai &mijuan untuk meningkatkan prestasi &lajar pendidikan agama islam dengan mengunakan
metode presentasi pada siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Cilongok, Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.
Peneliti$zl ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek
penelitian 37 siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Cilongok, Banyumas tahun pekjanin 2009/2010 .
Penyusunan rancangan peneliaan ini melibatkan penelifi, gum, dan kolabomtor. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan melalui pengamatan, wawancaia, dan tes. Data tentap$ aktivi& siswa ddam p»ses
&lajar mengajar diperoleh melalui pengama& dan dianali8iS S Carfi kua1i&tif untuk membandingkan
nilai mta-rata evaluasi setiap sUus sehingga diketahui keberhasilan tindakan. Data nilai rata-rata
evaluasi yang diperoleh dengan hasil angket kepa& siswa tiap siklus, dan &a ixilai mta-rata tes
akhir diperoleh dari hasil tes akhir tiap-tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas G F semeser
genap SMP Negeri 2 Cilongok, tAun pelajamn 2009/2010 &pat meaingkat dau dapat meningkat pula prs&i
belajamya dengan menggunakan metode Presen&i. Hal ini dapat dilihat dari pemerolehan prestasi
belajar siswa pada pendidikan agama Islam pa& siUus I memperoleh nilai mta-mta 73,81 , siUus II
memperoleh nilai mta-mta 78,78, dan siklus III memperoleh nilai- mta-mta 83,11. Dengan pegcapaian
ersebut, maka dapat dikatakan bahwa hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini tennasuk kategori
baik.

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:40
Last Modified: 15 Sep 2022 07:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30750

Actions (login required)

View Item
View Item