HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN TINGKAT KEBERAGAMAAN SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

ANAS KHOIRON NUGRAHANI (2011) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN TINGKAT KEBERAGAMAAN SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prestasi belajar mata
pelajaran pendidikan agama islam dan tingkat keberagamaan siswa kelas XI di
SMA Muhammadiyah 1 Bantul.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kuantitatif, yakni
jenis penelitian yang menggunakan angka-angka, mulai dari pengumpulan data,
penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari datanya. Dalam kaitannya
dengan hubungan prestasi belajar pelajaran pendidikan agama islam dengan
tingkat keberagamaan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Bantul, dengan
demikian dalam pengolahan data yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana
prestasi belajar pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 Bantul, bagaimana tingkat keberagamaan pada siswa SMA
Muhammadiyah 1 Bantul, dan untuk mengetahui hubungan prestasi belajar
pelajaran pendidikan agama islam dengan tingkat keberagamaan siswa kelas XI
SMA Muhammadiyah 1 bantul adalah menggunakan 2 cara yaitu cara manual
dengan rumus prodak moment dan menggunakan bantuan computer program
SPSS 16 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan antara prestasi belajar
dengan tingkat keberagamaan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah | Bantul,
diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, Tingkat prestasi belajar mata pelajaran
pendidikan agama islam di SMA Muhammadiyah 1 Bantul tinggi. Hal tersebut
dapat dilihat dari nilai raport pelajaran pendidikan agama Islam. Kedua , Tingkat
keberagamaan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah | Bantul tinggi, berdasarkan
survey tingkat keberagamaan siswa pada interval 67-72 pada kriteria tinggi.
Ketiga, Ada hubungan yang sangat signifikan antara prestasi belajar pelajaran
pendidikan agama islam dengan tingkat keberagamaan siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah | Bantul. Hasil perhitungan diperoleh koofisien korelasi sebesar
0,333. Pada signifikansi 1”o. Artinya terdapat hubungan yang positif antara
prestasi belajar pendidikan agama islam dengan tingkat keberagamaan siswa kelas
XI SMA Muhammadiyah I Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:57
Last Modified: 22 Apr 2022 01:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30760

Actions (login required)

View Item
View Item