ANGGA MARIA SUSANTO (2012) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PRESPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (321kB)
BAB I.pdf
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (532kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (139kB)
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan akhlak menurut al-Ghazali merupakan upaya yang dilakukan
dengan palatihan secara berulang-ulang (kontinu) agar tertanam dalam jiwa dan
muncul dalam perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan latihan. Penelitian ini
mempunyai tujuan, yaitu untuk mengetahui Konsep Pendidikan Akhlak Dalam
Perspektif al-Ghazali. Adapun manfaat secara teoritis: Sumbangan pemikiran bagi
perbaikan pendidikan Islam di masa yang akan datang sebagai perwujudan salah satu
Tri Darma perguruan tingi yang berhubungan dengan penelitian. Secara praktis:
Menumbuhkan keimanan dan ketagwaan yang lebih mendalam dan berusaha
meninggalkan taglid.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian yang digunakan adalah penelitian
kepustakaan (Library Research). Untuk memehami permasalahan yang akan dibahas,
penulis akan mengunakan pendekatan sejarah (Historical Approach). Pendekatan ini
digunakan untuk melihat peristiwa-peristiwa dan gagasan-gagasan yang timbul pada
masa lampau agar ditemukan suatu generalisasi dalam usaha memberikan pernyataan
sejarah. Pendekatan ini juga digunakan untuk meneliti biografi yaitu tentang
kehidupan seseorang dalam hubungannya dengan masyarakat baik sifat, watak,
pengaruh dan ide-ide yang timbul pada saat itu. Metode pengumpulan data yang
dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu mencari data-data
pemikiran al-Ghazali khususnya dalam bidang akhlak dengan menggunakan data
primer dan data sekunder. Data primer adalah buku karya al-Ghazali yang berjudul
Ihya' “Ulum ad-Din, sedangkan data skunder berupa buku-buku yang mengulas
tentang karya al-Ghazali, riwayat hidup dan tasawuf al-Ghazali.
Konsep pendidikan akhlak menurut al-Ghazali proses tiap daya serta upaya
yang dilakukan untuk merubah dengan melalui pelatihan secara berulang-ulang agar
tertanam dalam jiwa dan dilakukan dengan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran
dan pertimbangan terlebih dahulu. Akhlak dapat dipelajari dengan metode mujahadah
dan latihan (riyadhah) dengan amal kebaikan, serta perbuatan itu dikerjakan secara
berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan serta diusahakan untuk selalu bermunajat
kepada ilahi.
Key word : Konsep, Pendidikan Akhlak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 02:02 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 02:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30762 |