ASTRIED DIAN NOVITA (2016) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (214kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (606kB)
BAB I.pdf
Download (933kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan sekarang ini hanya mementingkan Kecerdasan
Intelektual (IO). Menurut penelitian bahwa IG bukanlah merupakan salah satu faktor
yang mempunyai pengaruh besar terhadap prestasi belajar, melainkan ada beberapa
faktor yang mempengaruhi salah satunya ialah kecerdasan emosional. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis apakah ada hubungan mengenai kecerdasan emosional
dengan prestasi belajar pada mata pelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah Purworejo.
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi
diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati)
dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan
prestasi belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan
berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang
akademik yang diwujudkan berupa angka-angka pada nilai uts dan ukk.
Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan
prestasi belajar yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional berhubungan dengan
prestasi belajar mata pelajaran akhlak pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah
Purworejo yang diajukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan
prestasibelajarsebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII di SMP Muhammadiyah Purworejo yang seluruhnya berjumlah 180 orang. Sampel
penelitian berjumlah 66 orang, dengan menggunakan metode proporsional random
sampling.Dalam pengumpulan data digunakan metode skala untuk kecerdasan
emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri,
mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan
membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain: dan untuk mengukur prestasi belajar
siswa.
Hasil analisis data penelitian dalam pengujian dengan menggunakan korelasi
product moment menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan
emosional dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akhlak siswa kelas VII
SMP Muhammadiyah Purworejo. Signifikansi tersebut dapat dilihat dari besarnya nilai
taraf signifikan sisebesar 0,021 atau diatas 0,05. Hal ini berarti kecerdasan emosional
mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar
mata pelajaran akhlak sisw akelas VII SMP MuhammadiyahPurworejo.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Pada Mata Pela'aran Akhlak
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 02:22 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 02:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30767 |