PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SEJARAH PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW KELAS IV SD NEGERI 1 PEKASIRAN KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA

FAJAR (2011) PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SEJARAH PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW KELAS IV SD NEGERI 1 PEKASIRAN KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah loeningkatkan prestasi belajar PA1 materi sejarah perjuangan nabi
Muhammad SAW siswa kelas lV SD Negeri 1 Pekasiran, Batur, Banjarnegara dengan menggunakan metode
ruiirey/ mapping.
Denis penelitian ini ildalah penelitian tindakan kelas dengan stibjek penelitian siswa kelas IV SD
Negeri 1 Pekasiran, Batur, Banjarnegara yang berjumlala 39 siswa. Data dianalisis secara deskriptif
kuaiititatif dan .kualitatif. lndikatoi keberhasilait penelitian ini dilandai dengan meningkatnya
kualitas proses meliputi keaktitiil dan antusias siswa dalam pembelajaran dan meningkatnya prestasi
siswa, yakni 75% siswa inencapai Kriteria Ketuntasan Minimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajai-an concept mapping,
kualitas proses pembelajaran menjadi men ingkat. dcngan indikasi meningkatnya keaktifan dan
antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, prestasi belajar materi sejarah perjuangan
nabi Muhammad SAW siswa juga meningkat terbukti dengan nilai rata-rata siswa pratindakan sebesar
63 dengan pencapaian KKM 38,45%, pascatindakan siklus 1 (satti) sebesar 71,79 dengan pencapaian KKM
64,10%, dali aSCiitlndakan siklus 2 (dua) sebesar S 1,92 dengan pencapaian KKM 57.20%.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:53
Last Modified: 22 Apr 2022 03:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30790

Actions (login required)

View Item
View Item