WATI FUJIASIH (2006) KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN GURU PAI DALAM PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (256kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
BAB I.pdf
Download (9MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertuj uan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kemampuan guru PAI dalam pengelolaan kelas, untuk mengetahui minat belajar siswa kelas III SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan untuk mengetahui korelasi antara persepsi siswa terhadap kemampuan guru PAI dalam pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa kelas III SMP Muhammadiyah 1 Yogayakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah semua kelas III SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, penentuan sarnpel penelitian menggunakan tekhnik Ramdom Sampling dengan jumlah 20 % dari 204 siswa dengan menggunakan angket yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel kemampuan guru PAI dalam pengelolaan kelas (X) dan variabel minat belajar siswa (Y) yang berjumlah masing-masing 10 soal. Setelah data terkumpul dianalisa secara statistik dengan menggunakan tekhnik korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa persepsi siswa terhadap kemampuan guru PAI dalam pengelolaan kelas berada pada kategori sedang yaitu berada pada 60% dari 40 siswa yang diteliti, sedangkan minat belajar siswa yaitu 70% dari 40 siswa yang diteliti. Dari hasil perhitungan tekhnik korelasi product moment diketahui bahwa antara persepsi siswa terhadap kemampuan guru PAI dalam pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa terdapat hubungan positif yang signifikan, hal ini ditunjukkan dengan basil korelasi yaitu 0,314 yang kemudian dikonsultasikan pada tabel r pada taraf signifikansi 5% yaitu 0, 312. sehingga dapat dilihat bahwa r hitung lebih besar dari pada r tabel. Jadi dapat dikatakan semakin tinggi kemampuan guru PAI dalam pengelolaan kelas maka semakin tinggi pula minat belajar siswa begitu juga sebaliknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seorang guru PAI tidaklah semudah membalik telapak tangan karena seorang guru hams bisa menjadi contoh yang baik has sicwanya dan mamnu mambanaitkan uairahiminat dalam belaiar serta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 06:54 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 06:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30799 |