RISTILAH (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN AL QUR'AN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) WONOSARI IV. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (158kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (276kB)
BAB I.pdf
Download (7MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (501kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (349kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran
menghafal surat-surat pendek Al Our'an, mengetahui kemampuan dalam
menghafal surat-surat pendek Al Our'an, faktor-faktor yang mendukung
keberhasilan serta faktor-faktor yang menghambat keberhasilan anak didik dalam
menghafal surat-surat pendek-pendek,
Penelitian dilakukan pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul
Athfal Wonosari IV (TK ABA Wonosari IV) Ringinsari, Wonosari, Gunungkidul
dengan sampel 36 anak. Data diperoleh dari wawancara langsung dengan kepala
sekolah maupun guru TK ABA Wonosari IV. Sedangkan untuk mengetahui
tingkat keberhasilan anak didik dalam menghafal surat-surat pendek Al Our'an
data diperoleh tes langsung pada 36 anak sebanyak 6 surat antara lain : OS. Al
Fatihah, OS. An Nas, OS, Al Ikhlas, OS. Al Lahab, OS. Al Kautsar dan OS. Al
Ashr. Hasil tes dianalisis dengan kriteria sangat lancar, lancar dan tidak lancar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama metode yang digunakan
dalam menghafal surat-surat pendek Al Our'an disesuaikan dengan tingkat
perkembangan usia taman kanak-kanak melalui pembiasaan artinya tidak hanya
diberikan satu dan dua kali pertemuan tetapi diulang-ulang sampai anak mampu.
Kedua hasil kemampuan menghafal surat-surat pendek Al Our'an dari 36 anak
menunjukkan bahwa 3 anak (8,3396) sangat lancar, 11 anak (30,5695) lancar dan
22 anak (61,11Y0) kurang lancar. Ketiga faktor-faktor yang mendukung
keberhasilan anak didik dalam menghafal surat-surat pendek Al Ou'an antara lain
faktor dari anak didik, lingkungan, materi, kemampuan belajar anak serta sikap
anak terhadap guru dan materi pelajaran. Keempat faktor-faktor yang
menghambat keberhasilan anak didik dalam menghafal surat-surat pendek Al
Our'an adalah dari anak didik kurangnya konsentrasi dan faktor lingkungan
keluarga, kurangnya dukungan dari orangtua dan faktor lingkungan masyarakat
yakni kurangnya budaya mengaji di masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 23 Apr 2022 07:20 |
Last Modified: | 23 Apr 2022 07:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30889 |