Nazillah Ilyas (2020) PENGARUH PELAKSANAAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (300kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Bab I.pdf
Download (100kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (362kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh pelaksanaan metode small group discussion terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 yang terdiri dari 19 peserta didik yang beragama Islam. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Adapun metode penelitian yang dilakukan pada skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen kuasi atau semu dengan penghitungan menggunakan bantuan program SPSS 22.
Kesimpulan penelitian ini adalah, pelaksanaan metode small group discussion di SMA Negeri 3 Yogyakarta berada pada kategori cukup, hal ini terlihat dari observasi guru dalam pelaksanaan metode small group discussion. Rata-rata observasi pelaksanaan metode small group discussion memperoleh hasil 3,5 yang berada pada kualifikasi cukup.
Keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Yogyakarta pada kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai keterampilan berkomunikasi sebelum dan setelah pelaksanaan metode small group discussion dari 87.84 menjadi 90.42
Dari hasil Uji Paired Sample T-Test terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan ditandai pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.029. Maka artinya ada pengaruh positif pelaksanaan metode small group discussion terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Yogyakarta.
Kata kunci : Pelaksanaan Metode Small Group Discussion, Keterampilan Berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/310 |