ANALISIS POLA BELANJA MASYARAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DI ERA 4.0

MAGHNITA SEPTIYARTHA SUKSESI (2022) ANALISIS POLA BELANJA MASYARAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DI ERA 4.0. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SEJAK BEBERAPA TAHUN BELAKANGAN ISTILAH INDUSTRI 4.0 MEMANG BANYAK DISEBUT OLEH ORANG, TERMASUK PEMERINTAH INDONESIA YANG SANGAT MENDUKUNG ERA INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA. REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MERUPAKAN PERUBAHAN UNTUK MEMPRODUKSI SUATU BARANG, MEMANFAATKAN MESIN SEBAGAI TENAGA PENGGERAK DAN PEMROSES. KECANGGIHAN ILMU TEKNOLOGI JUGA MEMBERIKAN DAMPAK KEPADA PERUBAHAN POLA BELANJA PADA MASYARAKAT. HADIR DAN BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI TELAH MEMBERIKAN VARIASI BARU DALAM DUNIA PERDAGANGAN YANG JUGA MENYEBABKAN SISTEM BERBELANJA MASYARAKAT BERTAMBAH. DULU JIKA INGIN BELANJA MAKA HARUS DATANG LANGSUNG KETEMPAT PENJUAL, SAAT INI MASYARAKAT MEMILIKI BANYAK PILIHAN UNTUK BERBELANJA. METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH MENGGUNAKAN METODE DESKRIPTIF ANALISIS. DALAM PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE TERKAIT DENGAN POLA BELANJA MASYARAKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA YAITU BELANJA ONLINE DAN OFFLINE MASYARAKAT MERASA BAHWA BELANJA ONLINE DAN OFFLINE MEMILIKI KEKURANGAN DAN KELEBIHAN MASING-MASING. MESKIPUN BELANJA ONLINE DINILAI CUKUP MENGHEMAT WAKTU DAN DAPAT DIAKSES DARI MANA SAJA TETAPI BANYAK MASYARAKAT YANG TETAP MENYUKAI BELANJA OFFLINE. SEPERTI MASYARAKAT DI YOGYAKARTA MASIH SANGAT MEMINATI BELANJA OFFLINE DARIPADA BELANJA ONLINE. SEHINGGA BELANJA OFFLINE JELAS TIDAK AKAN TERGESER KEDUDUKANNYA OLEH BELANJA ONLINE. FREKUENSI MASYARAKAT BELANJA ONLINE RATA-RATA HANYA 1-3X SEBULAN, PENDAPATAN YANG DIGUNAKAN UNTUK BELANJA ONLINE HANYA SEKITAR 10-20% SAJA, DENGAN DEMIKIAN PENDAPATAN SISANYA LEBIH BANYAK DIGUNAKAN UNTUK BELANJA OFFLINE. MASYARAKAT YOGYAKARTA LEBIH PERCAYA DENGAN KUALITAS BARANG YANG DI PASAR OFFLINE KARENA DAPAT MENYENTUH MELIHAT BARANG SECARA LANGSUNG. MESKI BELANJA ONLINE DAPAT DI AKSES DENGAN MUDAH DAN CEPAT (MENGHEMAT WAKTU), KUALITAS BARANG DI PASAR ONLINE LEBIH TERPERCAYA DARIPADA DI PASAR ONLINE.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SHOPPING PATTERN, ONLINE, OFFLINE
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 25 May 2022 03:48
Last Modified: 25 May 2022 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31208

Actions (login required)

View Item
View Item