RESGI WIDATI TRIA LIS UTAMI (2022) TATHBIIQ THARIIQAH AT-TADRIIS BIL-AQRAAN (PEER TEACHING) LITAHSIIN MAHAARAH QIRA'AH AN-NUSHUUS AL-ARABIYYAH LITHULLAAB AS-SHOFFI AR-RAABI' ALIF FIL MADRASAH AL-IBTIDAIYYAH AL-HUKUMIYYAH AL-ULA SLEMAN LISSANATI AD-DIRAASIYYAH 2021-2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (883kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab I.pdf
Download (422kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (663kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA PENERAPAN METODE PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS IV A MIN 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022, KEEFEKTIFITASAN METODE PEER TEACHING, DAN KELEBIHAN SERTA KELEMAHAN METODE TERSEBUT.
JENIS PENELITIAN INI ADALAH MIXED METHOD DENGAN DESAIN PENELITIAN QUASI EXPERIMENTAL DESIGN ATAU EKSPERIMENTAL-SEMU. TEKNIK PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH OBSERVASI, WAWANCARA, ANGKET, PRETEST, POSTTEST, DAN DOKUMENTASI. SAMPEL DALAM PENELITIAN INI ADALAH SELURUH PESERTA DIDIK KELAS IV A MIN 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022 BERJUMLAH 27 PESERTA DIDIK DAN 1 ORANG GURU PENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN TEKNIK SAMPLING BERUPA PURPOSIVE SAMPLING.
HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA TERDAPAT PERBEDAAN YANG SIGNIFIKAN ANTARA NILAI PRETEST DAN POSTTEST PADA KELAS EKSPERIMEN DAN KELAS KONTROL. HAL TERSEBUT DITUNJUKKAN DENGAN ADANYA PERBEDAAN RATA-RATA NILAI PRETEST KELAS EKSPERIMEN DAN KONTROL SEBESAR 15,60 DAN NILAI POSTTEST KELAS EKSPERIMEN DAN KONTROL SEBESAR 19,46. BEBERAPA KELEBIHAN DARI METODE PEER TEACHING ADALAH DAPAT BERDISKUSI DAN BEKERJASAMA DALAM TIM, MENAMBAH KEPERCAYAAN DIRI, MENINGKATKAN PEMAHAMAN, MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB, DAN MECIPTAKAN SUASANA NYAMAN DALAM BELAJAR, DAN KELEMAHAN DARI METODE PEER TEACHING ADALAH KURANG SERIUS DALAM MENDENGARKAN PENJELASAN TUTOR, TUTOR TIDAK COCOK, KURANG KOMPAK, TUTOR TIDAK SABARAN, DAN TUTOR KURANG PANDAI DALAM MEMBERI PENJELASAN TERKAIT MATERI PELAJARAN.
PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA PENERAPAN METODE PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS IV A MIN 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022, KEEFEKTIFITASAN METODE PEER TEACHING, DAN KELEBIHAN SERTA KELEMAHAN METODE TERSEBUT.
JENIS PENELITIAN INI ADALAH MIXED METHOD DENGAN DESAIN PENELITIAN QUASI EXPERIMENTAL DESIGN ATAU EKSPERIMENTAL-SEMU. TEKNIK PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH OBSERVASI, WAWANCARA, ANGKET, PRETEST, POSTTEST, DAN DOKUMENTASI. SAMPEL DALAM PENELITIAN INI ADALAH SELURUH PESERTA DIDIK KELAS IV A MIN 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022 BERJUMLAH 27 PESERTA DIDIK DAN 1 ORANG GURU PENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN TEKNIK SAMPLING BERUPA PURPOSIVE SAMPLING.
HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA TERDAPAT PERBEDAAN YANG SIGNIFIKAN ANTARA NILAI PRETEST DAN POSTTEST PADA KELAS EKSPERIMEN DAN KELAS KONTROL. HAL TERSEBUT DITUNJUKKAN DENGAN ADANYA PERBEDAAN RATA-RATA NILAI PRETEST KELAS EKSPERIMEN DAN KONTROL SEBESAR 15,60 DAN NILAI POSTTEST KELAS EKSPERIMEN DAN KONTROL SEBESAR 19,46. BEBERAPA KELEBIHAN DARI METODE PEER TEACHING ADALAH DAPAT BERDISKUSI DAN BEKERJASAMA DALAM TIM, MENAMBAH KEPERCAYAAN DIRI, MENINGKATKAN PEMAHAMAN, MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB, DAN MECIPTAKAN SUASANA NYAMAN DALAM BELAJAR, DAN KELEMAHAN DARI METODE PEER TEACHING ADALAH KURANG SERIUS DALAM MENDENGARKAN PENJELASAN TUTOR, TUTOR TIDAK COCOK, KURANG KOMPAK, TUTOR TIDAK SABARAN, DAN TUTOR KURANG PANDAI DALAM MEMBERI PENJELASAN TERKAIT MATERI PELAJARAN.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEYWORDS: EFFECTIVENESS, PEER TEACHING METHOD, READING ABILITY |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 25 May 2022 03:06 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31299 |